Transmisi dan Refleksi Gelombang Air yang Merambat Melalui Balok Tenggelam

Azi Alrizki, Muliadi Muliadi, Azrul Azwar

Abstract


Telah dilakukan studi tentang transmisi dan refleksi gelombang air yang merambat melalui pemecah gelombang balok tenggelam dengan menganalisis kebergantungan profil spektrumnya terhadap perubahan dimensi balok. Koefisien transmisi dan refleksi diperoleh dengan menyelesaikan hubungan kontinuitas pada batas antar dua kedalaman berbeda. Hasil studi menunjukkan  bahwa dalam daerah frekuensi tinggi, gelombang akan diteruskan secara hampir sempurna (hampir tidak ada gelombang yang direfleksikan). Dalam daerah frekuensi rendah, nilai absolut kuadrat dari amplitudo gelombang transmisi dan refleksi  berosilasi secara kuasi-periodik yang mengindikasikan bahwa model sederhana dari  pemecah gelombang ini hanya berguna secara efektif dalam daerah frekuensi rendah. Kinerja (performance) dari pemecah gelombang balok tenggelam sangat bergantung secara sensitif pada dimensi lebar dan tinggi balok. Sebagai contoh, balok dengan interval lebar 4,0-10,0 m dan tinggi 4,0 m dapat mengurangi 30% dari intensitas gelombang datang dalam rentang frekuensi 0,04-0,24 hertz. Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa pemecah gelombang balok tenggelam hanya efektif untuk penggunaan di perairan dangkal.

Kata kunci: Gelombang Air, Pemecah Gelombang, Balok Tenggelam, Transmisi, Refleksi.


Full Text:

PDF

References


Wiryanto, L. H. Waves Propagation Passing Over a Submerged Porous Breakwater, J Eng Math, Volume 70 Halaman 126-136. 2011.

Aini, H, N, 2014. Penerapan Metode Pemisahan Variabel pada Evolusi Gelombang Harmonik Melalui Sebuah Pemecah Gelombang. Malang: UIN Maulana Ibrahim Malang.

Tsai, C. P., Chen, H. B., dan Lee, F.C. Wave Transformation Over Submerged Permeable Breakwater on Porous Bottom. Ocean Eng. Volume 33 Halaman 1623-1643. 2006

Holthuijsen, L. 2007. Wave in Oceanic and Coastal Waters. New York: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/pf.v8i1.40189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:                                                                    Berkerjsama dengan:                                    

                                                                    

Jurusan Fisika FMIPA UNTAN                   Perkumpulan Akademisi dan Saintis Indonesia, Kalimantan Barat

Alamat Redaksi:
Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Komp. FMIPA UNTAN Pontianak, Kalbar, 78124
Email: [email protected]

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.