The school principal's efforts in strengthening the ethics of digital citizens
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam penguatan etika warga digital di SMK PGRI 2 Ponorogo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan hambatan dalam melaksanakan program penguatan etika warga digital di SMK PGRI 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian campuran yang didalamnya termuat tentang study literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui kegiatan wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan teknik interaksi data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, serta penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1.upaya kepala sekolah dalam penguatan etika warga digital melalui; a)penyediaan sumber daya teknologi, sarana dan prasarana digital yang memadai. b) membuat tata tertib terkait etika warga digital di lingkungan sekolah. c)peningkatan spiritual terkait etika warga digital. 2.faktor pendukung dan penghambat, adanya faktor dukungan yang diantaranya; saling menjaga privasi, meningkatkan kesadaran beretika digital, penggunaan teknologi yang bertanggung jawab, serta pembuatan aturan tata tertib sekolah tentang Etika Digital. Adapun faktor penghambat diantaranya; kurangnya kesadaran dan pemahaman pentingnya etika warga digital, kurangnya pengawasan, adanya kesenjangan pemahaman antara pendidik dan siswa, membuat konsentrasi terganggu, dan perubahan teknologi yang pesat menjadi tantangan bagi para pendidik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Beti, Sutrisno Sutrisno, and Sunarto Sunarto, ‘Peran guru ppkn dalam menanamkan nilai-nilai karakter melalui kantin kejujuran di mts Muhammadiyah 01 tegalombo kabupaten’, Edupedia, 1.1 (2017), 50
Andriati N, Hidayati N. Investigasi Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Tentang Etika Pergaulan Siswa di Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inov dan Teknol Pembelajaran) Kaji dan Ris Dalam Teknol Pembelajaran. 2020;7(2):116- 123.doi:10.17977/um031v7i22020p116
Arsaf, Nurul Asmi, ‘Faktor Penyebab Pelanggaran Tata Tertib (Studi Pada Siswa Di Sma Negeri 18 Makassar)’, Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM Peserta, 02.1 (2015), 1–5
Asmaya, Enung, ‘Komunikasi Terbuka Melanggengkan Keutuhan Dan Keharmonisan Keluarga’, KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1.2 (2016), 313–26
Choiruna U. Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Dan Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Mentari Kademangan Blitar. Published online 2018:15- 51.
D, Salah M, Syarat S, et al. Tentang Pelecehan Seksual Melalui Internet di Smp 35 Makassar Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.Published online 2015.
Gani AG. Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. J Sist Inf Univ Suryadarma. 2014;2(2). doi:10.35968/jsi.v2i2.49
Hadi IP. Tantangan Etika dan Regulasi Media Digital. Univ Kristen Petra. 2015;I(2):92-104.
Hamzah A, Pranoto A. Memperkenalkan Bahaya Internet dan Media Sosial
Kurniasih N. Kualifikasi Pustakawan di Era Digital. Pros Semiloka Nas Kepustakawanan Indones . Published online 2015:439-449.
Kurniawati J, Baroroh S. Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. J Komun.
Latiefah SN, Sari WD, Tarsidi DZ, Pasundan U. Jurnal Civicus Social Media Police to Shape Citizen Ethics in the Polissi Media Sosial untuk membentuk Etika Warga. 2022;22(1):45-50.
Marpaung J. Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA J Program Study Bimbing Konseling.2018;5(2):55-64. doi:10.33373/kop.v5i2.1521
Munthe RA, Raihani, Simaremare H. Gambaran Kewargaan Digital Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Berdasarkan Perspektif Gender. 2021;20(2):160- 173. doi:10.24014/Marwah.v20i1.11259
Munthe RA, Raihani, Simaremare H. Gambaran Kewargaan Digital Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Berdasarkan Perspektif Gender. 2021;20(2):160- 173. doi:10.24014/Marwah.v20i2.11308
Nehe U. Kewarganegaraan Digital Dalam Pendidikan Situasi Covid-19. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2021;3(4):1915-1921.
Ningrum, Retno Wulan, Erik Aditia Ismaya, and Nur Fajrie, ‘Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka’, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3.1 (2020)
Polii, Meyva, ‘Peran Keluarga Terhadap Peningkatan Spiritual Remaja Pada Masa Pandemi Covid 19’, DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6.1 (2021), 31–45
Pradipta A. Fenomena Perilaku Haters di Media Sosial. A J scription, Lit Cult Educ. Published online 2016:11.
Prasasti S. Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Pros SNBK (Seminar Nas Bimbing dan Konseling. 2017;1(1).
Prasrihamni, Mega, Zulela, and Edwita, ‘Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring’, Jurnal Cakrawala Pendas, 8.1 (2022), 128–34
Rahmawati E. Quality Of Life Dan Sikap Terhadap Cyberbullying Pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial. Angew Chemie Int Ed 6(11), 951– 952. Published online 2018:1-11.
Roza P. Digital citizenship: menyiapkan generasi milenial menjadi warga negara demokratis di abad digital. J Sosioteknologi. 2020;19(2):190-2 doi:10.5614/sostek.itbj.2020.19.2.4
Suherman, Tatang, ‘Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah Terhadap Disiplin Belajar PAI Dan Prestasi Belajar PAI’, Jurnal Sosial Sains, 1.3(2021),170– 88
Sutrisno, ‘PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN WARGA NEGARA GLOBAL SUTRISNO Staf Pengajar Prodi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo’, Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6 (2018), 41–51
Taufiqrianto Dako R. Kenakalan Remaja. J Inov. 2004;9(2):1-7.
Triwulandari AA, Jatiningsih O. Strategi Sekolah dalam Pencegahan Cyberbullying pada Siswa di SMP Negeri 6 Sidoarjo. Kaji Moral dan Kewarganegaraan. 2023;11(1):160-176.
Turnip, Ezra Yora, and Chontina Siahaan, ‘Etika Berkomunikasi Dalam Era Media Digital’, Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3.4 (2021),1–8
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v4i2.69386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.