EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS YOUTUBE TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN PESERTA DIDIK SMKN 1 SANGGAU

Achmadi Achmadi, M Basri, Janiarti Janiarti

Abstract


Abstract

The utilization of YouTube as a learning media makes it easier for educators to present concrete material, aiming to increase students' motivation in learning financial accounting. Quantitative research at SMK Negeri 1 Sanggau using the experimental method showed significant differences in learner motivation before and after using YouTube (significance level α = 0.00). This result indicates the effectiveness of learning financial accounting through YouTube in increasing learners' learning motivation. YouTube not only acts as a source of visual information, but also triggers positive and interactive responses, offering an innovative approach in the delivery of material. The implication is that the integration of YouTube as an effective learning tool can increase learners' learning motivation in financial accounting.

Keywords: youtube, learning media, learning motivation.

 

Abstrak

Pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran memberikan kemudahan pendidik dalam menyajikan materi konkret, bertujuan meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran akuntansi keuangan. Penelitian kuantitatif di SMK Negeri 1 Sanggau menggunakan metode eksperimen menunjukkan perbedaan signifikan dalam motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan YouTube (tingkat signifikansi α = 0,00). Hasil ini mengindikasikan keefektifan pembelajaran akuntansi keuangan melalui YouTube dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. YouTube tidak hanya berperan sebagai sumber informasi visual, tetapi juga memicu respon positif dan interaktif, menawarkan pendekatan inovatif dalam penyampaian materi. Implikasinya, integrasi YouTube sebagai alat pembelajaran efektif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di bidang akuntansi keuangan.

Kata Kunci: youtube, media pembelajaran, motivasi belajar.


 

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsudin. (1996). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Afrizal, S., Kuntari, S., Setiawan, R., & Legiani, W. H. (2020, November). Perubahan Sosial pada Budaya Digital dalam Pendidikan Karakter Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 429-436).

Brown, A. H., & Green, T. D. (2016). The essentials of instructional design: Connecting fundamental principles with process and practice. Routledge.

De Porter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Ernawati, N. P. E. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 9(1), 92-106.

Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk peserta didik sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).

Hadiana, O., Wahidi, R., Sartono, S., Agustan, B., & Ramadan, G. (2020). Efektivitas penerapan video feedback (VFB) terhadap motivasi belajar pada pembelajaran futsal.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran.

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Jackman, W. M. (2019). YouTube usage in the university classroom: An argument for its pedagogical benefits. International Journal of Emerging Technologies in Learning (Online), 14(9), 157.

Kim, K. J., & Frick, T. W. (2011). Changes in student motivation during online learning. Journal of Educational Computing Research, 44(1), 1-23.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar peserta didik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Muhasim, M. (2017). Pengaruh tehnologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik. Palapa, 5(2), 53-77.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.

Norhabiba, F. (2020, November). Literasi media mengatasi kecanduan internet pada komunitas Cacak Yuk Lumajang. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, No. 1, pp. 557-564).

Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188.

Oktiana, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smp Negeri 20 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN FAS BENGKULU).

Republik Indonesia, (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal pendidikan dan konseling, 2(1), 99-103.

Widahyu, Cindy. (2021). The Effectiveness Of Using Video As A Learning Media Online Learning To Improve Students 'Learning Motivation And Creative Thinking At Home During The Covid-19 Pandemic.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v16i1.76006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats