MODEL KONSEPTUAL PELATIHAN CEFE BERBASIS PENTAHELIX DALAM MENGELOLA UMKM DI KOTA CIMAHI PROVINSI JAWA BARAT

Ihat Hatimah, Cucu Sukmana, Dadang Yunus Lutfiansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan evaluasi yang menggambarkan model konseptual pengajaran CEFE berbasis Pentahelix untuk meningkatkan program pendidikan kewirausahaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana pengumpulan data melibatkan pelaku UMKM, pendamping dan koordinator, serta alat pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model konsep pelatihan manajemen pelatihan bekerja dengan baik dalam menyelesaikan permasalahan dunia usaha, karena pembahasan berkisar pada fakta bahwa model konsep pelatihan lebih panjang. Terstruktur, bukan pelatihan. Model pelatihan, maka manajemen ini menerapkan simulasi nyata pada dunia wirausaha, yang menjadikan model ini menerapkan simulasi model pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang peluang kerja dan memperluas pandangan tentang kewirausahaan

Keywords


Model Konseptual CEFE, Pentahelix, UMKM

Full Text:

PDF

References


Akdon, (2011). Manajemen Strategis Untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Arikunto, S. (2004). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi., & Lia Yuliana, (2009). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media memahami dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Daryanto, SS. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo Lestari.

Development, S. E., Journal, E., & Authors, T. (2019). Factors Inducing Entrepreneurship : A Study of MSMEs in Aizawl District , Mizoram. https://doi.org/10.1177/0970846419829970

Dewi, F., & Er, M. (2019). ScienceDirect ScienceDirect Business Process Maturity Level of MSMEs in East Java , Indonesia Business Process Maturity Level of MSMEs in East Java , Indonesia. Procedia Computer Science, 161, 1098–1105. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.221

Elihami. (2020). DEVELOPING THE NONFORMAL EDUCATION OF LEARNING IN MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF ENREKANG 1 Program Studi Pendidikan Nonformal Universitas Muhammadiyah Enrekang  Corresponding email : elihamid72@gmail.com ARTICLE INFO Article History PENDAHULUAN Indonesia is. EdukasiNonformal, 1(2), 32–40.

Fahmi, F. Z. (2017). Creative economy policy in developing countries: The Case of Indonesia. Urban Studies, 54(6), 1367-1382.

Goyal, S., Sergi, B. S., & Kapoor, A. (2017). Evaluating the BDS Providers and MSMEs: Challenges and Strategic Actions. European Journal of Development Research, 29(4), 725–744. https://doi.org/10.1057/s41287-016-0058-z

Gunartin, DKK. (2018). Pusat belajar masyarakat sebagai tempat alternatif menumbuhkan kemandirian wirausaha warga belajar. Jurnal: Pendidikan, ekonomi dan bisnis. 3 (2) 30-48. Diakses pada 13 Oktober 2020.

Hasibuan, SP. (2004). Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Irmawati, A. (2017). Peran pusat kegiatan belajar masyarakat (pkbm) dalam pengurangan buta aksara di kabupaten karimun. Jurnal: Pendidikan dan Kebudayaan. 2 (1) 81-89. Diakses pada 13 Oktober 2020.

Izzati, M F., & Wilopo. (2018, Februari). Implementasi Triple Helix Dalam Mendorong Pertumbuhan Industri Kreatif di Kota Malang Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 55, 59-68.

Kamil, M. (2003). Model-model Pelatihan. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: Tidak Diterbitkan

Kamil, M. (2009). Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.

Kariada, N., Martuti, T., Setiawan, A. B., & Sumaryanto, T. (2018). Kajian Kebijakan Pemerintah Kota Semarang. Riptek, 12(2), 131-142.

Pidarta, Made, (2005). Perencanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Renik Cipta.

Maswan. (2015). Manajemen peningkatan mutu sekolah. Jurnal: Tarbawi 12 (2) 195-204). Diakses pada 13 oktober 2020

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung

Mukherjee, S. (2018). Challenges to Indian micro small scale and medium enterprises in the era of globalization. Journal of Global Entrepreneurship Research, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40497-018-0115-5

Nainggolan, M., Ardika, I. W., Ardhana, I. K., & Setiawan, I. K. (2020). Pentahelix model application for tourism development strategy. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 6(2), 12–18. https://doi.org/10.21744/ijllc.v6n2.864

Rizka, M.DKK. (2018). Program Pelatihan Evaluasi Pendidikan Nonformal Bagi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jurnal: Paradharma 2 (1) 15-23. Diakses pada 13 Oktober 2020.

Schank, C., & Rieckmann, M. (2019). Socio-economically Substantiated Education for Sustainable Development: Development of Competencies and Value Orientations Between Individual Responsibility and Structural Transformation. Journal of Education for Sustainable Development, 13(1), 67–91. https://doi.org/10.1177/0973408219844849

Small, S., & Development, E. (2021). COVID-19 Pandemic and Micro , Small and Medium Enterprises ( MSMEs ): Policy Response for Revival. https://doi.org/10.1177/09708464211037485

Sudjana, D. (2010). Program Manajemen Pendidikan: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Produksi.

Susanti, H. D., Pradana, D. A., & Suprihatin, E. (2021). Synergy of the Pentahelix Model to Establish Resilient Smes in Facing New Normal during Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 754–761. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1666

Shofwan, I & Kuntoro, S. (2014). Pengelolaan Program Pembelajaran Pendidikan ALternatif Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Di Salatiga Jawa Tengah. Jurnal: Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 1 (1), 51-62. Doi: http:// garuda.ristekbrin.go.id. Diakses pada 13 Oktober 2020.

Sudjana, D. (2001). Pendidikan Luar sekolah. Bandung: Produksi Falah

Sudjana, D. (2004). Manajemen Program Pendidikan (Untuk Pendidikan Nonformal Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Bandung: Produksi Falah

Sudjana, D., (2010). Manajemen Program Pendidikan: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Tambunan, T. (2019). Recent evidence of the development of micro , small and medium enterprises in Indonesia. 4.

Usman, O., & Tasya, S. (2020). The Effect of E-Learning, Learning Style, and Learning Interest on Student’s Learning Motivation. SSRN Electronic Journal, 7(1), 103–111. https://doi.org/10.2139/ssrn.3647301

Vilcea, M. A. (2014). Quality Culture in Universities and Influences on Formal and Non-formal Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 163, 148–152. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.300

Windiani, W. (2021). Pentahelix Collaboration Approach in Disaster Management: Case Study on Disaster Risk Reduction Forum-East Java. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(7), 71. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2020i7.9540

Zaini.Hisyam. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v16i1.64325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats