MATERI MINIMAL WAWASAN KEBANGSAAN UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Yadi Ruyadi, Supriyono Supriyono

Abstract


Kedudukan dan fungsi wawasan kebangsaan sangat penting. Oleh sebab, wawasan kebangsaan akan mendorong dan menuntun suatu bangsa untuk mencapai cita-cita dan tujuan negara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengilustrasikan materi minimal wawasan kebangsaan untuk peserta didik sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam memperoleh data dilakukan melalui kualitatif dengan metode studi kasus di Sekolah Dasar Kabupaten Subang dengan jumlah responden 40 guru sekolah dasar. Adapun analisis data dilakukan sesuai dengan tradisi kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa materi minimal wawasan kebangsaan untuk peserta didik sekolah dasar meliputi latar belakang nama Indonesia, Indonesia memilki berbagai macam ras dan golongan hingga bahasa negara

Keywords


Peserta Didik, Sekolah Dasar, Wawasan Kebangsaan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2017). Transformasi Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Milenial untuk Revitalisasi Anti Korupsi. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i. 4 (1), 43-56.

Amal, I., Armawi, A. (1998) Regionalisme, Nasionalisme, dan Ketahanan Nasional. Yogyakarta: Gadjah mada University Press.

Anderson, B. (1991). Imagined Community: reflections on the Origin and Spread of Nationalism. London: Verso.

Bahri, H., Sapriya., Halimi, M. (2018). Penguatan wawasan kebangsaan generasi muda melalui kegiatan tadarus buku. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. 15 (2), 126-133)

Barida, M. (2017). Inkusivitas vs Eksklusivitas: Pentingnya Pengembangan Wawasan Kebangsaan dalam Mewujudkan Kedaiaman yang Hakiki bagi Masyarakat Indonesia. Artikel pada The 5TH URECOL Proceeding taggal 18 February 2017.

Hidayatullah, F. (2010) Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo

Jakni. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Koordinator Polhukam. (2016). Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Persatuan dan Kesatuan: Dilengkapi 45 Sifat Karakter Bangsa, dalam Bentuk Tanya Jawab. Jakarta: Kementeran Koordinator Menkopolhukam Republik Indonesia.

Kusumohamidjojo, B. (1993). Pendidikan Wawasan Kebangsaan Tantangan Dinamika Perjuangan Kaum Cendekiawan Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Mahifal. (2011). Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Pembinaan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan. Jurnal Pedagogial FKIP-Unpak.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Nurfatimah, S., Dewi, D. (2021). Implementasi nilai Pancasila dalam menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan di kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan. 5 (1), 176-183

Parsons, T. (1951). Toward a General Theory of action. New York : Harper & Row

Soewarsono, dkk. (2013). Jejak Kebangsaan Kaum Nasionalis di Manokwari dan Boven Digoel. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sundawa, D. (2017). Penguatan Karakter Mahasiswa yang Berwawasan Kebangsaan dalam Menghadapi Tantangan Disintegrasi Bangsa. PRosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas negeri Medan. 1 (1), 202-205.

Ubaedillah, A.,dkk. (2012). Modul Implementasi dan Sosialisasi Wawsan Kebangsaan (Draft). Jakarta: DIrektorat Jeneral Kesatuan Bangsa dan Politik Kemendagri.

Wahidin, S. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahyono, S.K. (2007). “Wawasan Kebangsaan dalam Wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Jurnal Ketahanan Nasional. 12 (2), 65-71.

Widisuseno, I., Sudarsih, S. (2019). Penguatan wawasan kebangsaan sebagai upaya pencegahan paham radikalisme dan intoleran di kalangan pelajar sekolah menengah atas negeri 3 salatiga kotamadia salatiga. HARMONI, 3 (1), 24-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v16i1.50909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats