Identifikasi Lapisan Bawah Permukaan Disekitar Terjadinya Semburan Gas Dengan Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger Di Desa Sungai Nipah Kabupaten Mempawah

Sarifah Sarifah, Okto Ivansyah, Radhitya Perdhana

Abstract


Penelitian mengenai identifikasi keberadaan gas di bawah permukaan dengan menggunakan metode geolistrik konfigurasi schlumberger telah dilakukan di Desa Sungai Nipah Kecamatan Jongkat Kabupaten Mempawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan indikasi gas biogenik dan litologi bawah permukaan didaerah penelitian. Identifikasi ini dilakukan dengan menggunakan 4 titik lokasi yang berbeda-beda dan pengolahan data menggunakan software IPi2win. Berdasarkan hasil interpretasi data penelitian bahwa tidak terdapat titik kantong gas pada daerah penelitian. Namun terdapat unsur yang menyebabkan terbentuknya gas biogenik di bawah permukaan. Material yang memicu terbentuknya gas biogenik adalah lempung dan pasir yang berasosiasi dengan fluida dimana lempung dan pasir tersebut sebagai tempat bermigrasinya gas biogenik.

Full Text:

PDF

References


Astawa, I. N.; Setiyadi, D.; Wijaya, H, P.; Hermansyah, GM.; dan Saputra, D, M., 2016, Indikasi Keberadaan Gas Biogenik berdasarkan Hasil Pendugaan Geolistrik di Delta Cimanuk Indramayu Jawa Barat, Jurnal Geologi Kelautan, Vol (2):103-105.

Sabiham, S and H. Furukawa. 1986. Study of Floral Composition of Peat in The Lower Batanghari River Basin of Jambi, Sumatera. Southeast Asian Studies, Kyoto Univ. 24 (2): 113-132.

Sulaga, K.A.; Nukman, M dan Sudarmaji, 2019. Identifikasi Persebaran Gas Biogenik Berdasarkan Analisis Data Geolistrik di Desa Binangun Butuh, Purworejo Jawa Tengah, Universitas Gajah Mada, Vol (11): 17-18.

​Telford,W.M.,Geldard,​L.P.,​and Sheriff,R.E.,1976. Applied Geophysics. Second Edition. Cambridge University Press.New York.

Yulianto , Toni dan Widodo,Sugeng. 2008. Identifikasi Penyebaran dan Ketebalan Batubara Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas, Berkala Fisika 11 (2) :59-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/pf.v10i1.53598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:                                                                    Berkerjsama dengan:                                    

                                                                    

Jurusan Fisika FMIPA UNTAN                   Perkumpulan Akademisi dan Saintis Indonesia, Kalimantan Barat

Alamat Redaksi:
Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Komp. FMIPA UNTAN Pontianak, Kalbar, 78124
Email: [email protected]


View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter Free counters!