Pengaruh Kepuasan Terhadap Word Of Mouth (WOM) Pada Konsumen Penghuni Rumah Yang Ditawarkan Oleh PT. Putra Persada Khatulistiwa Pontianak

Yassirly B112109064

Abstract


ABSTRAK

Kepuasan konsumen merupakan suatu keadaan yang akan terjadi apabila keinginan, kebutuhan dan harapan konsumen terhadap suatu produk dapat terpenuhi sesuai harapan. Adanya kepuasan konsumen ini akan berdampak pada sikap psikologis konsumen untuk membicarakan hal-hal positif tentang produk yang digunakannya kepada orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Dari Word of Mouth (WOM) positif tersebut dapat membantu perusahaan dalam menaikkan citra dan dapat memperluas pemasaran. Dengan ini antara kepuasan konsumen akan sebuah produk akan menciptakan suatu sikap positif terhadap produk tersebut dan merekomendaiskan melalui proses word of mouth yang secara langsung maupun tidak langsung.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen penghuni rumah yang ditawarkan oleh PT. Putra Persada Khatulistiwa Pontianak melalui perilaku Word Of Mouth (WOM) konsumen penghuni rumah serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap perilaku Word Of Mouth (WOM) konsumen penghuni rumah yang ditawarkan oleh PT. Putra Persada Khatulistiwa Pontianak. Bentuk penelitian ini merupakan bentuk penelitian dengan pendekatan eksplanatori. Data yang digunakan yaitu berasal dari data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini merupakan jumlah seluruh konsumen yang membeli rumah yaitu sebanyak 389 konsumen dan jumlah sampel yang diambil dengan teknik slovin yaitu sebesar 80 orang dengan metode teknik penarikan sampel menggunakan teknik Quota Sampling.

Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan kuantitatif dengan mencari hubungan variabel kepuasan konsumen dan word of mouth (WOM) dengan analisis regresi berganda melalui pengujian normalitas, multikolinieritas, heterokendastitas, dan pengujian hipotesis (uji F dan uji t).

Hasil penelitian yang ditemukan bahwa rata-rata konsumen menyatakan puas terhadap produk rumah yang dibeli. Pada anlaisis data kuantitatif, variabel kondisi fisik memiliki pengaruh besar dalam mempengaruhi Word Of Mouth (WOM). Berdasarkan hasil uji F variabel kondisi fisik, fasilitas, lokasi, pelayanan dan harga secara simultan atau bersama-sama berpengaruh nyata terhadap variabel Word Of Mouth /WOM dan pada hasil uji t (uji parsial) diketahui bahwa variabel kondisi fisik, fasilitas, lokasi, dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Word of Mouth (WOM) Hanya variabel Pelayanan (H5) yang secara parsial tidak berpengaruh terhadap Word of Mouth (WOM).

Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Word of Mouth


Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v3i1.7812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.