Efektivitas Blended Learning Model Problem Based Learning dan Discovery pada Mata Kuliah Matematika Bisnis

Yunia Mulyani Azis, Moechammad Sarosa Sarosa, Ghiaska Nabilah Witka, Ribka Inestya Simanungkalit

Abstract


Rendahnya pemahaman konsep Matematika menyebabkan peserta didik sulit untuk mendapat hasil belajar yang baik, diperlukan suatu model mengajar yang dapat meningkatkan peserta didik untuk dapat terlibat aktif dan berpikir kritis dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan efektivitas dua model pembelajaran yang melibatkan keaktifan dan berpikir kritis melalui pembelajaran blended learning yaitu model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Melibatkan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen yang diambil secara acak, dengan instrument pretest postest sebanyak 10 soal dan analisis data uji multivariat menggunakan Hotelling’s Trace T2 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa kedua populasi pada saat pretest mempunyai pemahaman konsep dan hasil belajar yang sama, perubahan terjadi ketika model PBL dan discovery learning diterapkan.  Melalui uji rata-rata disimpulkan bahwa pembelajaran blended learning model PBL lebih baik diterapkan dibandingkan dengan discovery learning pada mata kuliah Matematika Bisnis.

Keywords


Efektivitas; Blended learning; Problem Based Learning, Discovery Learning; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 26–31. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/823

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Helsa, Darhim, Juandi, D, T. (2021). Blended Learning in Teaching Mathematics. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 733–743. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3447

Amin, A. K., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 119–141. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.17437

Dewi, C. A. (2013). Pengaruh Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Mataram Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Prisma Sains, 1(1), 1–11.

Sari, R.M.M., Priatna, N., Juandi, D. (2022). Implementing Project-Based Blended Learning Model Using Cognitive Conflict Strategy to Enhance Students’ Mathematical Spatial Literacy. European Journal of Educational Research, 11(4), 2031–2041. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.4.2031

Setiyorini, S. R., & Fajariah, A. N. (2019). Promoting the Increase of Mathematical Representative Skill in Vocational Students through Blended Problem-Based Learning. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 2(2), 65. https://doi.org/10.22460/jiml.v2i2.p65-73

Sugiyanti, Murtono, Surachmi, S. . (2021). The Effect Of Problem Based Learning And Think Pair Share Based On Blended Learning On Mathematics Learning Outcomes. Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1175–1181. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8487

Bili, S., Suparmi, S., & Sarwanto, S. (2022). Problem-based Learning: Improving Students’ Concept Mastery and Learning Activities. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(1), 25. https://doi.org/10.26858/est.v8i1.21970

Laititia, T., & Pangestika, R. R. (2021). Metode Blended Learning Berbasis Problem Based Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi. Seminar Nasional …, 864–872. https://eproceedings.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/semnaspgsd/article/view/1613

Pramaeda, D. O., & Ningsih, S. C. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah A . Pendahuluan Matematika merupakan suatu pelajaran yang telah diajarkan kepada siswa sejak bangku Sekolah Dasar . Banyak manfaat yang dapat. 11(1), 116–130.

Musdalifa, Ramdani, Danial, M. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik ( Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga ). Jurnal Chemica, 21(1), 59–69.

Bokingo, O., Supartin, S., & Odja, A. H. (2022). The Effect Of Discovery Learning Models With Blended Learning Strategies Assisted By Crossword Puzzle Media On Understanding Physics Concepts. SEJ (Science Education Journal), 6(1), 35–47. https://doi.org/10.21070/sej.v6i1.1620

Fatmala, D.A.D, Emanuel, E. P. ., & Meilantifa, Chamidah, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dengan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Logaritma Matematika Kelas X MIPA 1 SMA Hang Tuah Surabaya. Journal of Mathematics Education Research, 1(1), 13–18.

Chotimah, T. R. C., Astutiningtyas, E. L., & Ikaningtiyas, F. (2022). Implementasi Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Melalui Blended Learning. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 27. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29212

Mardi, Fauzi, A., & Respati, D. K. (2021). Development of students’ critical thinking skills through guided discovery learning (Gdl) and problem-based learning models (pbl) in accountancy education*. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(95), 210–226. https://doi.org/10.14689/EJER.2021.95.12

Setyaningrum, W., Riani, A.L., Wardani, D. S. (2020). Comparison of Problem-Based Learning and Discovery Learning Model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(3), 305–313. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i3.1564

Tanjung, D. F., Syahputra, E., & Irvan, I. (2020). Problem Based Learning, Discovery Learning, and Open Ended Models: An experiment On Mathematical Problem Solving Ability. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4(1), 9. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1736




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v8i3.59226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.