Keanekaragaman dan Kelimpahan Bivalvia di Perairan Desa Pasir, Kabupaten Mempawah

Ria Utami, Apriansyah Apriansyah, Yudha Perdana Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan bivalvia. Penelitian ini dilakukan di Perairan Desa Pasir. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus dan September 2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan menggunakan transek kuadran terdiri dari 2 stasiun. Penentuan lokasi penelitian berdasarkan kedalaman dengan masing-masing 5 substasiun. Spesies kerang yang ditemukan pada penelitian ini terdiri dari 3 spesies yaitu, Anadara granosa, Meretrix meretrix dan Corbula contracta. Nilai indeks keanekaragaman (H’) tertinggi terdapat pada stasiun I bulan September (1,07) dikategorikan sedang dan terendah pada stasiun II di bulan September (0,07), nilai indeks keseragaman (E) tertinggi terdapat pada stasiun I di bulan September (0,97) dan terendah pada stasiun II di bulan September (0,11), sedangkan nilai indeks dominansi (D) tertinggi terdapat pada stasiun II di bulan September (0,97) dan nilai terendah pada stasiun I di bulan September (0,34). Kelimpahan kerang tertinggi yang terdapat pada stasiun I adalah A.granosa (0,78 ind/m3) dan pada stasiun II kelimpahan kerang tertinggi adalah M.meretrix (1,68 ind/m3). Hasil pengukuran parameter kualitas air diperoleh kisaran yaitu suhu 26,42-31,710C, pH 7,54-8,03, salinitas 27,6-29,6‰, oksigen terlarut 5,53-6,44 mg/l. Tekstur substrat di perairan Desa Pasir adalah substrat lempung berlanau. Tekstur lempung berlanau mempengaruhi kelimpahan C.contracta.


Keywords


keanekaragaman, kerang, kelimpahan,substrat

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka:

Afiati, N. 1994, The Ecology Of Two Blood Clams Species Anadara granosa (L) and Anadara antiquata (L) in Central Java, Indonesia Unpublished PhD, University of Wales Bogor, United Kingdom, (Thesis).

Bengen, D.G. 2004, Ekosistem dan Sumberdaya Alam Pesisir dan Laut serta Prinsip Pengelolaannya, Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, IPB,Bogor.

Fachrul, M.F. 2007, Metode Sampling Ekologi, Bumi Aksara, Jakarta.

Muhlis, Handayani, M.F , Erin, dan R.G., 2015, Kelimpahan Kerang Darah (Genus : Anadara) di Perairan Pantai Labuhan Tereng Kabupaten Lombok Barat, Vol. X No.2, Jurnal Pijar MIPA, Magister Pendidikan IPA Program Pasca Sarjanan, Universitas Mataram.

Odum, E.P., 1993, Dasar-Dasar Ekologi, Penerjemahan : Samingan, T dan B, Srigandono, Gajahmada University Press, Yogyakarta.

Odum, E.P., 1998, Dasar-Dasar Ekologi : Terjemahan dari Fundamentals of Ecology, Alih Bahasa Samingan, T, Ed ke-3, Universitas Gadjah Mada Press, Yogyakarta.

Odum,E.P., 1994 Dasar-Dasar Ekologi Umum, Ed ke-4, Diterjemahkan oleh T.T, UGM Press, Yogyakarta.

Putri, R.A.; Tjipto, H.; dan Sun, K., 2012, Keanekaragaman Bivalvia dan Perannya sebagai Bioindikator Logam Berat Kromium (Cr) di Perairan Kenjeran, Kecamatan Bulak Kota Surabaya, Vol.I No.2, Lentera Bio, Universitas Negeri Surabaya.

Riniatsih, I.; Widianingsih, 2007, Kelimpahan dan Pola Sebaran Kerang-Kerangan (Bivalve) di Ekosistem Padang Lamun, Perairan Jepara, Vol. 12, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sekar, R.M, 2005, Preferensi Habitat Berbagai Jenis Kupang di Perairan Pantai Timur Surabaya, Universitas Airlangga, (Skripsi).




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/lkuntan.v2i2.30306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright © 2021 Jurnal Laut Khatulistiwa, except certain content provided by third parties. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Free counters!