STRUKTUR KOMUNITAS HUTAN MANGROVE DI DESA SUNGAI BAKAU KECIL KABUPATEN MEMPAWAH KALIMANTAN BARAT

Marini Rini, Arie Antasari Kushadiwijayanto, Yusuf Arief Nurrahman

Abstract


Mangrove merupakan salah satu ekosistem penting di kawasan pesisir. Pemanfaatan yang berlebihan dapat menurunkan keanekaragaman jenis hutan mangrove. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui struktur komunitas hutan mangrove di Desa Sungai Bakau Kecil. Penelitian ini dilakukan pada 4 stasiun yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Setiap stasiun dibagi menjadi tiga plot pengamatan yang diukur tegak lurus dari garis pantai ke arah darat menggunakan transek kuadran dengan kriteria pohon, pancang dan semai. Setiap plot berjarak 50 m dengan plot lainnya. Hasil penelitian mendapatkan 10 jenis mangrove, yaitu Avicennia marina, A. lanata, Bruguiera gymnorrhiza, B. cylindrica, Nypa fruticans, Rhizophora apiculata, R. mucronata, R. stylosa, Sonneratia alba, dan S. caseolaris. Jenis mangrove yang mendominasi untuk kriteria pohon dan pancang di lokasi penelitian adalah A. marina dan semai didominasi N. fruticans. Kisaran Indeks Nilai Penting tingkat pohon pada lokasi penelitian adalah 20,01 s/d 300%. INP tingkat pancang berkisar antara 9,77 s/d 119,77%  dan tingkat semai berkisar antara 14,68 s/d 90%. Sementara Indeks keanekaragaman tergolong sedang, kecuali pada stasiun 3 dengan keanekaragaman tingkat pancang tergolong rendah. Hasil pengukuran parameter masih sangat mendukung untuk pertumbuhan mangrove di Desa Sungai Bakau Kecil.


Keywords


Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, komposisi, mangrove

Full Text:

PDF Remote

References


Abo, M., L. Banilodu. dan E. J. Eduk. 2015. Struktur Vertikal Komunitas Mangrove di Pantai Noelbaki Kupang Tengah. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Kupang.

Bengen, D. G. 2002. Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan IPB. Bogor.

Irwanto. 2006. Keanekaragaman Fauna Pada Habitat Mangrove di Indonesia. PHKA/WI-IP. Bogor

Kamalia. T. S. Raza’i. dan T. Efrizal. 2012. Struktur Komunitas Hutan Mangrove di Perairan Pesisir Kelurahan Sawang Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Kepulauan Riau.

Khairuddin, B. 2016. Strategi Kebijakan Pengelolaan Ekosistem Mangrove secara Terpadu dan Berkelanjutan di Kabupaten Pontianak Propinsi Kalimantan Barat. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kusmana, C., I. Setyobudiandi., S. Hariyadi. dan A. Sembiring. 2015. Sampling dan Analisis Bioekologi Sumber Daya Hayati Pesisir dan Laut. IPB Press. Bogor.

Noor, Y. R., M. Khazali. dan I. N. N. Suryadiputra. 2006. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PHKA/WI-IP. Bogor.

Nurrahman, Y. A., O.S. Djunaedi. dan R. Rostika. 2012. Struktur dan Komposisi Vegetasi Mangrove di Pesisir Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Jurnal Akuatika II: 2012.

Odum, E. P. 1971. Fundamental of Ecology. 3rd edition. W. B. Sounders Co. Philadelphia.

Osmar, M. 2016. Studi Analisis Komposisi dan Struktur Tegakan Hutan Mangrove di Desa Tanjung BungaKabupaten Konawe Utara. Jurusan Kehutanan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan. Universitas Haluoleo : Kendari.

Purnamawati. E. Dewantoro. Sadri. dan B. Vatria. 2007. Manfaat Hutan Mangrove pada Ekosistem Pesisir (Studi Kasus di Kalimantan Barat). Media Akuakultur. Vol. 2 (1).

Ratnasari. Fahrizal. Dan M. Dirhamsyah. 2017. Pemanfaatan Vegetasi Hutan Mangrove di Pulau Padang Tikar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tengkawang. Vol. 7 (2).

Rani, A. 2017. Profil Desa Sungai Bakau Kecil Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah. Pontianak.

Sayektiningsih, T., A. Ma'ruf. dan T. Atmoko. 2012. Struktur dan Komposisi Vegetasi Hutan Mangrove di Pulau Benawa Besar Teluk Balikpapan Kalimantan Timur. Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam. Kalimantan Timur.

Soerianegara, I. dan A. Indrawan. 1988. Ekologi Hutan Indonesia. Fakultas Kehutanan IPB. Bogor.

Tomlinson. 1986. The Botany of Mangroves. Cambridge University Press. London




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/lkuntan.v1i3.27301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright © 2021 Jurnal Laut Khatulistiwa, except certain content provided by third parties. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Free counters!