ANALISIS KETERAMPILAN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN BUKITTINGGI DALAM MENJELASKAN MATERI PELAJARAN

Irna Andriati, Zulfani Sesmiarni

Abstract


Abstract

This research aims to analyze the skills of explaining lessons to prospective teacher students at FTIK IAIN Bukittinggi. The qualitative research method used is a content analysis approach. The results of the research show that students master the skill of explaining far from other skills. Explaining skills as a basis for establishing concepts that will be conveyed to students. The teacher is like the man behind the gun. Whatever caliber of weapon is used, if the teacher is not adept at operationalizing explanation skills, the results will be far from what was expected. On the other hand, even though the weapon the teacher uses is only a stone, with his skill, he will be able to reach the target optimally. As FTIK students and prospective teachers, you must be able to master the skills of explaining well. One way to do this is to master the material to be taught and do lots of practice.

Keywords: Skills, Students, Explaining Material

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan melakukan analisis keterampilan menjelaskan pelajaran pada mahasiswa calon guru di FTIK IAIN Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan kualitatif pendekatan analisis isi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa mahasiswa dalam menguasai keterampilan menjelaskan jauh dari keterampilan yang lain. Keterampilan menjelaskan sebagai dasar untuk mendudukkan konsep yang akan disampaikan kepada peserta didik. Guru itu bagaikan man behind the gun. Sekaliber apapun senjata yang akan dipergunakan, apabila guru kurang mahir mengoperasionalkan keterampilan menjelaskan, maka hasilnya akan jauh dari apa yang diharapkan. Sebaliknya, meskipun senjata yang akan dipakai guru itu hanya sebuah batu, tetapi dengan keahliannya, dia akan dapat mencapai sasaran secara optimal. Sebagai mahasiswa FTIK dan calon guru harus mampu menguasai keterampilan menjelaskan secara baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penguasan materi yang akan diajarkan dan banyak melakukan latihan.

Kata Kunci: Keterampilan, Mahasiswa, Menjelaskan Materi


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y, Mulyati, T, Yunansah (2015). Pembelajaran Literasi dalam Konteks Pendidikan Multiterasi, Integrasi dan Berdiferensiasi. (Bandung: Rizqi Press).

Ali, H. Muhammad, 2014, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo.

Binkley, M. (2012). Defining Twenty-First Century Skills” dalam Assesment and Teaching of 21 st Century Skills (New York: Springer)

Depdiknas RI, 2006, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,Jakarta, Biro Hukum dan Organisasi Sek Jen Depdiknas.

DePorter, Bobbi dkk, 2000, Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung, Kaifa.

Irawan, Prasetya dkk, 1994, Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar, Dirjen Dikti, Depdikbud

Ivanova, O (2016). Transilation and ICT Competence in The Globalizet World: Procedia-Sosial and Behavioral Sciences. 231. 129-134.

Kunandar, 2014, Guru Profesional, Implementasi Kurikulum KTSPdan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Lukmanuddin. (2018). Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menjelaskan Perpindahan Zat Pencemar Melalui RADEC. Tesis

Mulyasa, E, 2011, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Redaksi Sinar Grafika, 2003, Undang-undang Sisdiknas, Jakarta, Sinar Grafika.

Rooijakkers, Ad, 2003, Mengajar dengan Sukses, Jakarta, Gramedia.

Sabri, Ahmad, 2005, Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching.Jakarta, Quantum Teaching.

Subini, Nini, 2012, Awas, Jangan Jadi Guru Karbitan, Jogjakarta. Javalitera.

Sukirman, Dadang, 2009, Microteaching, Jakarta, Dirjen Pendis Depag RI.

Triling B and Fadel. C. (2009). 21 st Century Skills: Learning for Life in Our Times (San Fransisco: Jossey: Bass A Wiley Imprint)




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v16i1.75988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats