MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI CHAT GPT KE DALAM KELAS MENULIS BAHASA MANDARIN

Anastasia Seraphine Christiatmojo, Daniel Ginting

Abstract


Jurnal ini mengulas tentang integrasikan teknologi ChatGPT ke dalam kelas menulis bahasa Mandarin pada siswa menengah atas kelas 2 bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dampak penggunaaan ChatGPT dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa mandarin siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu untuk menyelidiki apakah penggunaan ChatGPT meningkatan keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah hasil dari pre tes dan pos tes. Penelitian ini menemukan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada nilai setiap siswa dalam kelas menulis bahasa Mandarin, setelah mereka menjalani latihan menulis aksara 汉字 (Hànzì) secara berulang ulang dan menghafalkannya. Sementara teknologi ChatGPT ini dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam penguasaan Bahasa asing, guru harus mengajar siswanya untuk menggunakan perangkat ini dengan bijaksana.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v16i1.64576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats