IMPLEMENTASI TASK-BASED LANGUAGE TEACHING SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA HOMESCHOOLING TINGKAT SMP
Abstract
Homeschooling adalah sistem pendidikan dimana orang tua mendidik anaknya di rumah dengan kurikulum yang ditentukan sendiri. Penjelasan tentang homeschooling dan bagaimana kurikulum yang disediakan oleh Rumah Inspirasi disusun menjadi topik penelitian dalam artikel ini. Subyek penelitian adalah salah satu anak pendiri Rumah Inspirasiyang menjalani homeschooling. Metode pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan dalam kurikulum homeschooling adalah Text Based Language Teaching (TBLT) yang menekankan pembelajaran melalui tugas atau proyek, dimana siswa diberikan tugas yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Keluaran proyek TBLT meliputi tulisan, video, presentasi, atau desain produk, dengan tujuan untuk menunjukkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan kemampuan mereka menggunakan bahasa Indonesia secara efektif dan sesuai konteks. Penelitian ini berharap TBLT dapat membantu siswa homeschooling dalam memahami dan menguasai bahasa Indonesia secara efektif, sehingga mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku:
Lie, Anita, Andriyono, Takim and Prasasti, Sarah. (2014). Menjadi Sekolah Terbaik: praktik strategis dalam Pendidikan, Jakarta: Tanoto Foundation.
Mangunwijaya, Forum. (2008). Kurikulum yang Mencerdaskan visi 2030 dan Pendidikan Alternatif. Jakarta: Kompas.
Sumardiono. (2007). “Homeschooling, Lompatan Cara Belajar”. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Jurnal:
Adam, S, & Magfirah, S (2020). Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Berbasis Tugas (TBLT) dan Materi Otentik dalam Pembelajaran Reading Comprehension di SMA Negeri 2 Kota Ternate. Humanitatis …, journal.universitasbumigora.ac.id, https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/humanitatis/article/view/981
Anita, I (2017). Manajemen Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Tugas (Task Based Language Teaching) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, ojs.uniska-bjm.ac.id, https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/BKA/article/download/669/585
Cholifah, M (2017). Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas (Task Based Language Teaching): Pendekatan yang Efektif dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, ejournal.unikama.ac.id, https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JIBS/article/view/3187
Heryani, RD (2017). Homeschooling Sebagai Sekolah Alternatif Ramah Anak. Research and Development Journal of …, journal.lppmunindra.ac.id, https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/2011
Ilyas, I (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, journal.unnes.ac.id, https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/5316
Mahfud, MN, & Sutama, S (2021). Pengelolaan pengembangan minat dan bakat anak didik di homeschooling kak seto Solo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen …, journal.uny.ac.id, https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/39408
McCabe, D. L., Trevino, L. K., & Butterfield, K. D. (2001). Cheating in academic institutions: A decade of research. Ethics & Behavior, 11(3), 219-232.
Muhtadi, A (2012). Pendidikan dan pembelajaran di sekolah rumah (Homeschooling). Jakarta: Raja Grafindo Persada, staffnew.uny.ac.id, http://staffnew.uny.ac.id/upload/132280878/penelitian/11.+Pendidikan+dan+pembelajaran+di+sekolah+rumah+(home+schooling)-tinjauan+teoritis+dan+praktis.pdf
Pahlevi, MR, Saefullah, H, & ... (2022). PELATIHAN TECHNOLOGY-MEDIATED TASK BASED LANGUAGE TEACHING (TMTBLT) BAGI GURU BAHASA INGGRIS DI KABUPATEN KARAWANG. J-ABDI: Jurnal Pengabdian …, bajangjournal.com, https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1901
Murray, Mary M., Handyside, Lisa M., Straka, Leslie A. and Titus, Tabatha V. Arton-. (2013). “Parent Empowerment: Connecting with Preservice Special Education Teachers” in School Community Journal, Vol. 23, No. 1, pp. 145-168.
Nasikha, Barokatun, Dodi Mulyadi, Testiana Deni W. (2019). Pengaruh Task Based Language Teaching (TBLT) Terhadap Pemahaman Membaca Siswa pada Teks Eksposisi Analitik. Prosiding Mahasiswa Seminar Nasional Unimus Volume 2. ISSN: 2654-766X.
Grolleau, Gilles, Lakhal, Tarik and Mzoughi, Naoufel. (2008). “An Introduction to the Economics of Fake Degrees”, in Journal of Economic Issues Vol. 42, No. 3 (Sep., 2008), pp. 673-693, http://dx.doi.org/10.1080/00213624.2008.11507173
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Patterson, Jean A., Gibson, Ian, Koenigs, Andrew, Maurer, Michael, Ritterhouse, Gladys, Stockton, Charles and Taylor, Mary Jo. (2007). “Resisting Bureaucracy: A Case Study of Homeschooling: an Alternative Education in Indonesia DO I : https://dx.doi.org /10.15575/ijni.v4i2.97383 Home Schooling”, in Journal of Thought, Fall-Winter, pp. 71-86 http://dx.doi.org/10.2307/jthought.42.3-4.71
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pendidikan Kesetaraan dan Pendidikan Luar Biasa Pasal 21 ayat (3)
Rambe, S (2015). Task based language teaching: theory and guidance for classroom practices. English Education: English Journal for Teaching and …, 194.31.53.129, http://194.31.53.129/index.php/EEJ/article/view/1203
Sari, DS, Asman, H, & Rodhi, R (2018). Peningkatan menulis karya ilmiah berbahasa Inggris dengan metode task based language teaching Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Edukasi: Jurnal Pendidikan, journal.ikippgriptk.ac.id, https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/841
Sasmita, PDD (2022). Proses Kreatif Siswa Homeschooling Dalam Penciptaan Musik Melalui Pembelajaran Gitar (Studi Kasus: Kelas Gitar Sanggar Regenerasi). Sorai: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, scholar.archive.org, https://scholar.archive.org/work/rjspxpm5gbg75iffuqrvzsd7nu/access/wayback/https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/SOR/article/download/3777/pdf
Sinambela, EA, & Mauliyah, NI (2014). Pengaruh Pembelajaran Homeschooling terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah …, jimi.indonesianjournals.com, https://jimi.indonesianjournals.com/index.php/jimi/article/view/17
Schaps, Eric and Solomon, Daniel. (2003). “The Role of the School’s Social Environment in Preventing Student Drug Use”, in The Journal of Primary Prevention, Vol. 23, No. 3, Spring, pp. 299-328, http://dx.doi.org/10.1023/A:1021393724832
Website:
https://member.rumahinspirasi.com/
DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v16i1.64244
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.