PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MOTION GRAPHIC ANIMATION TERHADAP STANDAR KOMUNIKASI DATA SMK KELAS XI TKJ

Adilah Azra

Abstract


Pembelajaran teori yang terkesan membosankan serta siswa yang malas dalam mengikuti proses pembelajaran yang hanya menggunakan buku paket masih menjadi permasalahan yang dihadapi pendidik saat pembelajaran di sekolah, sehingga diperlukan upaya guna meningkatkan pendidikan melalui penciptaan inovasi media interaktif pada pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan menarik minat belajar siswa serta mengetahui  kelayakan produk terkait dengan materi Standar Komunikasi Data dengan dilengkapi video berupa animasi motion graphic. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Untuk mendapat umpan balik pengguna, media interaktif diuji secara individual, pertama dengan 2 ahli media, dimana rata – rata koefisien V adalah 0,88 yang dinilai valid, dan uji reliabilitas ahli materi sebesar 0,876 yang dinilai reliabilitas kuat. Uji coba kedua yaitu kepada 2 ahli materi dengan hasil rata – rata koefisien V adalah 0,93 yang dinilai valid, dan mendapatkan nilai uji reliabilitas sebesar 0,815 yang dinilai reliabilitas kuat. Hasil dari wawancara pertanyaan terbuka mengenai media interaktif motion graphic animation yang mana siswa memberi persepsi positif dan mengakui bahwa penggunaan media interaktif pada materi Standar Komunikasi Data ini dapat memudahkan dalam pemahaman materi karena tampilan dari aplikasi serta video motion graphic menarik. Siswa juga merasa senang setelah menggunakan media interaktif ini untuk belajar materi Standar Komunikasi Data daripada hanya membaca buku paket atau modul. Hasil uji interpretasi yang dilakukan terhadap 5 siswa mendapatkan nilai persentase sebesar 64% yang masuk dalam kategori “Setuju”. Berdasarkan hasil pengujian peneliti, produk yang dikembangkan tergolong layak untuk digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.


Keywords


Inovasi, Media Interaktif, Motion Graphic

Full Text:

PDF

References


Damayanti, & Wulandari, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Untuk Siswa Kelas XI Pada Desain Multimedia di SMKN 1 Cibadak. Jurnal Kependidikan, 22–31.

Dhanil, M., & Mufit, F. (2021). Design and Validity of Interactive Multimedia Based on Cognitive Conflict on Static Fluid Using Adobe Animate CC 2019. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 177–190. https://doi.org/10.21009/1.07210

Intan, N. P. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan Berbasis Mobile. In Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development (Vol. 2, Issue 2, pp. 166–175).

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504

Novita, L., Windiyani, T., & Fazriani, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 82–86. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1451

Rabiah, S. (2018). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. April 2015, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzfsj

Revlinasari, D. A. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2021). Animasi Motion Graphics Dinamika Litosfer Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Sma. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 168–177. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p168

Sanita, D., & Maksum, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Untuk Medukung PJJ di Masa Pandemi Covid19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 783–800. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1163

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Vidiasti, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif prezi pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (tik) kelas xi di sman 1 pakel. Joeict, 3(1), 88—94.

Wiana, W. (2015). Application Design Of Interactive Multimedia Development Based Motion Graphic On Making Fashion Design Learning In Digital Format. International Journal of Scientific & Technology Research, 4(8), 102–108.

Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih, N. (2017). Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material in senior high school. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 254. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4744

Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v14i2.52916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats