Evaluasi Kepuasan Pengguna Flexible Learning Menggunakan Framework User Experience Questionnaire

Sukma Irawati, Endang Haryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna, yaitu mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, terhadap Flexible Learning (F-learn) berdasarkan analisis pengalaman. Evaluasi ini diperlukan karena pengalaman mahasiswa yang berbeda-beda dalam menggunakan F-learn mempengaruhi kepuasan mereka terhadap F-learn. Pengalaman yang tidak sesuai dengan harapan dapat menyebabkan ketidakpuasan mahasiswa. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Setelah melakukan pengumpulan data melalui survei dan analisis menggunakan UEQ data analysis tools, maka diperoleh hasil rata-rata pengalaman mahasiswa dari enam variabel (attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, Novelty), adalah 1,256. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa UKSW sudah puas terhadap F-learn. Aspek pengalaman yang menyumbang kepuasan mahasiswa adalah dari semua variabel, karena semua berada pada kategori above average atau diatas rata-rata. Mahasiswa menilai kepuasan paling tinggi pada perilaku F-learn dalam memprediksi kebutuhan dan berinteraksi dengan mahasiswa (Dependability). Sedangkan kepuasan paling rendah pada kurangnya inovasi F-learn (Novelty). Dari sisi kualitas, kepuasan mahasiswa paling tinggi terhadap kemampuan praktis dan kemudahan dari F-learn (Pragmatic Quality). Sedangkan kepuasan terendah pada kemampuan dalam inovasi (Hedonic Quality). Oleh karena itu, untuk meningkatkan kepuasan pengguna, secara khusus pihak UKSW perlu mempertimbangkan aspek-aspek pada faktor terendah, yaitu Novelty dan Hedonic Quality.

Keywords


Kepuasan pengguna, Flexible learning, UEQ

Full Text:

PDF

References


D. Kurniawan, A. Ambiyar, T. Ta’ali, and H. Effendi, “Pengembangan learning management system (LMS) terintegrasi wondershare quiz creator Pada bimbingan teknologi informasi dan komunikasi,” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), vol. 7, no. 3, pp. 432–437, Jun. 2022, doi: 10.29210/30032041000.

I. W. P. Pratomo and R. Wahanisa, “Pemanfaatan Teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes Masa Pandemi Covid-19,” Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, vol. 7, no. 2, pp. 547–560, 2021, doi: 10.15294/snhunnes.v7i2.730.

I. Santosa and R. A. Nugraha, “Implementasi Learning Management System untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Menengah Kejuruan,” DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 4, pp. 905–914, 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i4.100960.

I. G. N. Wiragunawan, “Pemanfaatan Learning Management System (LMS) dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring pada Satuan Pendidikan,” EDUTECH (Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi), vol. 2, no. 1, pp. 82–89, Feb. 2022.

Nina et al., “Penerapan Learning Management System BelajarBareng.id di SMK Negeri 1 Leuwiliang pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 8, no. 1, pp. 116–126, Feb. 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i1.1686.

M. C. Paseleng et al., “Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Flearn UKSW,” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 12, no. 3, pp. 267–273, Sep. 2022.

R. Gumilar and Y. Hermawan, “Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Metode E-Learning,” Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), vol. 9, no. 1, pp. 2580–8818, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi

M. E. A. Fina, P. H. Chernovita, and D. H. Bangkalang, “The Impact of Flearn Usefulness and Ease of Use Perception on FTI UKSW Students Learning Motivation Using Technology Acceptance Model,” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 3, no. 4, 2021, [Online]. Available: http://journal-isi.org/index.php/isi

M. M. Fakhri, D. Fadhilatunisa, Rosidah, M. F. B, M. A. Satnur, and F. Fajrin, “Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19,” Chemistry Education Review, vol. 5, no. 2, p. 2597, 2022, doi: 10.26858/cer.v5i2.13315.

Indarti, U. Wahyuningsih, Yulistiana, R. Suhartini, and Y. I. Prihatina, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Vokasi di Masa Pandemi COVID-19,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan18, vol. 18, no. 2, pp. 226–236, Jul. 2021.

S. T. Satyawati, “Student Satisfaction Towards the Use of F-Learn Services in Online Learning,” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 53, no. 3, pp. 295–306, Oct. 2020, doi: 10.23887/jpp.v53i1.27849.

A. Sidhiq, Q. K. Rini, and U. Majorsy, “EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI,” Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, vol. 27, no. 3, pp. 206–215, 2022, doi: 10.35760/ik.2022.v27i3.7640.

S. Prasetyaningsih and W. P. Ramadhani, “Analisa User Experience pada TFME Interactive Learning Media Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Integrasi , vol. 13, no. 2, pp. 147–157, Oct. 2021.

S. R. Henim and R. P. Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” 2020. [Online]. Available: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/

M. Rohandi, “An User Experience Analysis of UNG E-Learning Using User Experience Questionnaire Tool,” Social Science, Education and Humanities Research, vol. 654, pp. 174–179, 2022.

A. M. Saleh, A. H. Abu, I. S. Alansari, and O. Enaizan, “The Evaluation of User Experience of Learning Management Systems Using UEQ,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 17, no. 7, pp. 145–162, 2022, doi: 10.3991/ijet.v17i07.29525.

M. Schrepp, User Experience Questionnaire Handbook. 2023. [Online]. Available: www.ueq-online.org

J. F. Hair Jr, W. C. Black, B. J. Babin, and R. E. Anderson, Multivariate Data Analysis, Eighth Edition. Hampshire, United Kingdom: Cengage Learning, EMEA, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v12i3.79202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License