Alat Bantu Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Mengenai Bencana Alam

W Wahyuni -, Gisda Muflih Fadillah

Abstract


Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, siswa harus mampu memahami dengan baik tentang jenis-jenis bencana alam, penyebab dan akibat dari bencana alam tersebut, serta cara penanggulangan bencana alam, berupa buku-buku sumber yang mereka miliki. tanpa visualisasi. Hal ini dapat menimbulkan kesulitan karena siswa belum mendapatkan gambaran yang jelas tentang bencana yang terjadi di sekitarnya. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dikembangkan suatu metode pengajaran dengan menggunakan alat bantu yang lebih interaktif sehingga dapat memberikan suasan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan objek sehingga dapat memberikan gambaran kepada pengguna tentang aplikasi yang dibuat. Hasil penelitian ini dapat menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia dan bersifat interaktif sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, memberikan visualisasi bencana alam yang mudah dipahami serta memberikan kesempatan pada guru untuk bisa mengembangkan materi yang disesesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.


Keywords


Bencana Alam, Visualisasi, Multimedia

Full Text:

PDF

References


. Cholik, C.A., 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), pp.21-30.

. Husaini, M., 2017. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1).

. Muchtar, D. and Suryani, A., 2019. Pendidikan Karakter MenurutKemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), pp.50-57.

. Hadi, M.S., Sakti, H.G. and Irawan, M.A., 2020. Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif Untuk Guru MA. Hidayatussibyan NW Sangkerang., Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika (ABDIMANDALIKA) e-ISSN 2722-824X, 1(2 Desember), pp.127-135.

. Satriyo Wibowo, S., 2016. Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO, 3(2).

. Budiman, H., 2016. Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), pp.171-182.

. Rachmadtullah, R.M.S.Z., Ms, Z. and Sumantri, M.S., 2018. Development of computer-based interactive multimedia: study on learning in elementary education. Int. J. Eng. Technol, 7(4), pp.2035-2038.

. Ariani, R. and Festiyed, F., 2019. Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2).

. Sari, D.K., Bahri, S. and Yunus, A., 2019, October. Implementation study of environmental education as an effort to maintain the preservation of protected forests. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 343, No. 1, p. 012193). IOP Publishing.

. Zellatifanny, C.M. and Mudjiyanto, B., 2018. Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), pp.83-90.

. Kaplanoğlu, V., 2016. An object-oriented approach for multi-objective flexible job-shop scheduling problem. Expert Systems with Applications, 45, pp.71-84.

. Muharam, A., Yuliandari, D. and Sutanto, G.D., 2018. Perancangan Sistem Pembelian Material Berorientasi Objek Pada Pt Hi-Tech Ink Indonesia Cikarang. J. Inkofar, 1(1), pp.110-117.

. Harte, R., Glynn, L., Rodríguez-Molinero, A., Baker, P.M., Scharf, T., Quinlan, L.R. and ÓLaighin, G., 2017. A human-centered design methodology to enhance the usability, human factors, and user experience of connected health systems: a three-phase methodology. JMIR human factors, 4(1), p.e8.

. Purnomo, D., 2017. Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2).

. Adithama, S.P. and Maslim, M., 2019. Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar Berbasis Web. DINAMISIA-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), pp.350-360.

Tafonao, T., 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), pp.103-114.

Ariani, R. and Festiyed, F., 2019. Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dalam pengembangan multimedia interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2).

Purwanti, D., 2017. Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2)

. Nursikuwagus, A., 2017. E-Health as a Service Software of Medical System in Prototype Modeling. IJNMT (International Journal of New Media Technology), 4(2), pp.99-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v10i2.45040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License