Planetarium Virtual sebagai Media Pembelajaran Astronomi Berbasis Virtual Reality

Danang Aji Pangestu, Iskandar Fitri, Fauziah Fauziah

Abstract


Dunia digital sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran, salah satunya sebagai media pembelajaran atau edukasi mengenai astronomi tata surya. Pengenalan terkait sistem tata surya dapat memanfaatkan media digital, menurut peneliti dikarenakan seseorang akan lebih menangkap media pembelajaran dengan cara visual secara 3D dibandingkan dengan cara pembelajaran menggunakan media 2D. Salah satu media pembelajaran 3D dapat memanfaatkan teknologi Virtual Reality. Untuk itu penelitian ini menghadirkan planetarium dengan cara virtual yang dapat menjadi media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality. Pengembangan pada sistem ini menggunakan model ADDIE Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Dengan adanya aplikasi Planetarium Virtual membuat seseorang dapat menjelajah seolah-olah dalam planetarium dan didesain menyerupai ruang angkasa. Hasil pengujian dilakukan dengan angka skala 1 sampai dengan 5 yang dilakukan 119 responden, Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap 119 responden melalui kuesioner, menunjukkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi terhadap interface (tampilan) aplikasi tersebut yaitu sebesar 18,5% untuk skala 3, 53,8% untuk skala 4, dan 27,7% untuk skala 5. Kemudian hasil yang didapat untuk tingkat kepuasan terhadap fungsi atau kegunaan aplikasi oleh pengguna yaitu 22,7% untuk skala 3, 47,9% untuk skala 4, dan 29,4% untuk skala 5. Aplikasi dapat dioprasikan pada sistem operasi android minimal versi KitKat.


Keywords


Virtual Reality, Edukasi, ADDIE Model

Full Text:

PDF

References


I. M. A. Pradnyana, I. K. R. Arthana, and I. G. B. H. Sastrawan, “Pengembangan Virtual Reality Pengenalan Binatang Buas Untuk Anak Usia Dini ( Studi Kasus : TK Negeri Pembina Singaraja ),” Lontar Komput., vol. 8, no. 3, pp. 188–199, 2017.

. R. W. K., . I. M. P. S. T. . M. T., and . D. K. A. S. S. M. S., “Game Edukasi Penjelajah Berbasis Virtual Reality,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, p. 20, 2018, doi: 10.23887/karmapati.v7i1.13592.

R. Sistem, G. Y. Wiryawan, D. Gede, H. Divayana, and G. A. Pradnyana, “JURNAL RESTI,” vol. 1, no. 10, 2021.

K. Dwipayana, I. M. A. Wirawan, and I. G. P. Sindu, “Go-Byar Based on Virtual Reality for the Learning Media of Gamelan,” vol. 25, no. 2, pp. 229–236, 2019, doi: 10.21831/jptk.v25i2.26182.

R. K. Dewi, “Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd,” J. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 28–37, 2020, doi: 10.33830/jp.v21i1.732.2020.

D. Kami?ska et al., “Virtual reality and its applications in education: Survey,” Inf., vol. 10, no. 10, pp. 1–20, 2019, doi: 10.3390/info10100318.

D. L. Gunawan, Liliana, and G. S. Budhi, “Pembuatan Kebun Binatang Virtual Untuk Pembelajaran Mengenai Binatang Liar,” p. 6, 2016.

E. A. Alrehaili and H. Al Osman, “A virtual reality role-playing serious game for experiential learning,” Interact. Learn. Environ., vol. 0, no. 0, pp. 1–14, 2019, doi: 10.1080/10494820.2019.1703008.

C. Y. Chang, H. Y. Sung, J. L. Guo, B. Y. Chang, and F. R. Kuo, “Effects of spherical video-based virtual reality on nursing students’ learning performance in childbirth education training,” Interact. Learn. Environ., vol. 0, no. 0, pp. 1–17, 2019, doi: 10.1080/10494820.2019.1661854.

F. Y. Chiu, “Virtual reality for learning languages based on mobile devices,” 2017 16th Int. Conf. Inf. Technol. Based High. Educ. Training, ITHET 2017, pp. 5–7, 2017, doi: 10.1109/ITHET.2017.8067813.

G. T. A. Kusuma, I. M. A. Wirawan, and I. K. R. Arthana, “Virtual reality for learning fish types in kindergarten,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 12, no. 8, pp. 41–51, 2018, doi: 10.3991/ijim.v12i8.9246.

B. I. Edwards, K. S. Bielawski, R. Prada, and A. D. Cheok, “Haptic virtual reality and immersive learning for enhanced organic chemistry instruction,” Virtual Real., vol. 23, no. 4, pp. 363–373, 2019, doi: 10.1007/s10055-018-0345-4.

M. Syafi, “Aplikasi Berbasis Virtual Reality untuk Mendukung Proses Pembelajaran Organ Pencernaan Manusia Virtual Reality Based Application to Support Learning Process of Human Digestive Organs,” 2012.

A. Rachman, J. S. Informasi, F. T. Informasi, J. T. Informatika, and F. T. Informasi, “Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality Pada,” J. Ilm., vol. 3, no. 1, pp. 37–44, 2017.

M. A. Pranata, G. S. Santyadiputra, and I. G. P. Sindu, “Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 3, p. 256, 2018, doi: 10.23887/janapati.v6i3.11994.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i3.40636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License