Optimalisasi Desain Parameter Lapangan Untuk Data Resistivitas Pseudo 3D

. Makhrani

Abstract


Penelitian yang berjudul Optimalisasi Desain Parameter Lapangan Untuk Data Resistivitas Pseudo 3D dilakukan dengan tujuan memprediksi model geologi dan mengestimasi parameter-parameter geofisika, menentukan sensitivitas dari konfigurasi Wenner-Schlumberger dan Wenner dalam mendeteksi anomali, membuat Pseudo 3D dari profil 2D serta meningkatkan kemampuan dalam memilih parameter survei  yang optimal  berdasarkan perbandingan kekuatan signal yang diharapkan dan kharakteristik dari bising (noise). Proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode geolistrik konfigurasi Wenner-Schlumberger dan konfigurasi Wenner. Pengolahan data geolistrik resistivitas dalam penelitian ini diawali dengan pengolahan data sintetik hasil forward modeling. Data ini dapat dijadikan sebagai data masukan pada perangkat lunak Surfer 9 untuk menggambarkan profil 2D. Seluruh hasil inversi dalam bentuk profil 2D akan digabungkan sehingga menjadi profil pseudo 3D, proses ini akan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Matlab R2008a. Kedua konfigurasi yang digunakan dalam penelitian ini masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan dalam hal sensitivitas, baik konfigurasi Wenner-Schlumberger maupun konfigurasi Wenner. Meskipun kedua konfigurasi mendeteksi anomali yang dibuat, namun konfigurasi Wenner-Schlumberger lebih menonjolkan anomali, baik pada data sintetik maupun pada hasil pengukuran. Selain itu, pembuatan pseudo 3D dari profil 2D dapat membantu dalam menginterpretasi data pada lintasan yang saling berpotongan.



Keywords


optimalisasi desain, data sintetik, pseudo 3D

Full Text:

PDF

References


Grandis, H., 2009, Pengantar pemodelan inverse geofisika, Himpunan Ahli Geofisika Indonesia

Hendrajaya, L ., 1990, Metode Geolistrik Tahanan Jenis, ITB, Bandung.

Loke M.H. and Barker R.D., 1996, Rapid Least-square Inversion of Apparent Resistivity Pseudosections using a Quasi-newton Method, Geophysical Prospecting,44.

Loke, M. H., 2004, Geoelectrical Imaging 2D & 3D,RES2DINV ver 3.3:Rapid 2D Resistivities & IP Inversion using the least-square method On Land, Underwater and Cross-borehole surveys, Penang, Malaysia.

Olhoeft, G.R., 1981, Electrical Properties of Rocks : In Physical Properties of Rocks and Minerals, New York, McGraw-Hill

Taib, M.I.T., 2004., Eksplorasi Geolistrik, Diktat Kuliah Metoda Geolistrik, Departemen Teknik Geofisika, ITB, Bandung.

Telford, W.M., L.P. and Sheriff, R.P. (1990), Applied Geophysics second edition, Cambridge University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/positron.v3i1.5416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHER
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Tanjungpura

 IN COOPERATION WITH
Physical Society of Indonesia

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.