Korelasi Tortuositas dengan Porositas Absolut dalam Pemodelan Aliran Fluida Menggunakan Lattice Gas Automata Model FHP III

Yoga Satria Putra

Abstract


Telah dihitung nilai tortuositas dan porositas absolut dalam pemodelan aliran fluida menggunakan Lattice Gas Automata model FHP III. Selanjutnya kedua sifat makroskopis tersebut (tortuositas dan porositas absolut) dikorelasikan dalam bentuk grafik. Perhitungan dan pemodelan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metoda Lattice Gas Automata (LGA).LGA adalah  metode numerik pengembangan dari Cellular Automata (CA)  yang dapat memecahkan persamaan dinamika fluida yang memenuhi persamaan  Navier Stokes. Karakteristik dari LGA yaitu adanya suatu sistem yang terdiri dari partikel-partikel identik yang bermassa satu satuan bergerak dengan satu satuan kecepatan yang menempati  kisi heksagonal dimana setiap tumbukannya memenuhi hukum kekekalan massa dan momentum. Metode ini menggunakan pendekatan diskretisasi ruang dan waktu serta mengikuti aturan tumbukan tertentu. Dalam penelitian ini model yang dipilih adalah model FHP III  (Frisch, Hasslacher and Pomeau model III).  Model aliran fluida dalam penelitian ini dibandingkan dengan  model aliran fluida yang telah dibuat dalam penelitian-penelitian sebelumnya dan  menghasilkan pola aliran yang mirip. Model   aliran fluida dibangun pada medium berukuran 400x300 lattice unit (lu) dengan time steps 4000. Tortuositas dan porositas absolut dihitung dalam penelitian ini, dimana nilai tortuositas berbanding terbalik dengan porositas absolut.


Keywords


LGA,model aliran fluida, tortuositas, porositas absolut.

Full Text:

PDF

References


Dharmawan I. A., 2000, Model Automata Gas-Kisi untuk Aliran Fluida Dua Dimensi, Proceeding Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2000), Auditorium Universitas Gunadarma, Jakarta.

Dullien, F.A.L., 1979, Porous Media Fluid Transport and Pore Structure, Academic Press, New York.

Frisch, U.;Hasslacher, B. and Pomeau, Y., 1986, Lattice-Gas Automata for the Navier-Stokes Equation. Phys. Rev. Let. 56: 1505-1508.

Gueguen, Y. and Palciauskas, V., 1994, Introduction to The Phyisics of Rocks, Princeton University Press, Princeton.

Judice, S.F.; Coutinho, B.B.S. and Giraldi, G.A., 2009, Lattice methods for fluid animation in games, ACM. Comp. in. Entr, 7:1-29

Koponen, A., Kataja, M., and Timonen, J.,

, Permeability and Porosity ofPorous Media,Phys. Rev. E., 56:3319-3325.

Kristanto, D., 2004, Lattice Gas Automata Simulations of a Single-Phase and Two-Phase Flow in Heterogeneous Porous Media, Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia, (Thesis)

Rothman, D. H., and Zaleski, S., 1997, Lattice Gas Cellular Automata: Simple

Models of Complex Hydrodynamics, Cambridge University Press, London.

Wijaksono, A., 2005,Model aliran fluida dengan metode elemen hingga, Department of Physics, Institut Teknologi Bandung, Bandung, (Tesis).

Wolf-Gladrow, D.A., 2005, Lattice-Gas Cellular Automata and Lattice Boltzmann Models - An Introduction, Springer, Germany.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/positron.v1i1.1567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PUBLISHER
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Tanjungpura

 IN COOPERATION WITH
Physical Society of Indonesia

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.