PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AISYIYAH MELAWI

. Jumiyanti,, M. Syukri ., Sri Lestari

Abstract


Abstrak

: Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan bercerita sering diterapkan kepada anak, namun sampai saat ini kemampuan menyimak anak masih belum optimal seperti anak masih belum mampu menceritakan kembali cerita yang telah didengar, menyebutkan objek-objek yang terdapat dalam cerita, menyebutkan tokoh-toko dalam cerita. Dari 20 anak hanya 6 anak atau 30% yang dapat menyimak cerita dengan baik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksnaan, observasi, refleksi, selain itu menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan  kemampuan menyimak cerita melalui media gambar pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Aisyiyah Melawi dikategorikan “baik”. 2) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan  kemampuan menyimak cerita melalui media gambar  pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Aisyiyah Melawi dikategorikan “baik”. 3) Melalui media gambar dapat menigkatkan kemampuan dalam menceritakan kembali objek-objek dan toko-tokoh dalam cerita pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Aisyiyah Melawi, adapun peningkatan kemampuan anak antara lain: (a) Menceritakan kembali cerita yang telah didengar mengalami peningkatan sebesar 80%. (b) Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita mengalami peningkatan sebesar 70%. (c) Menyebutkan objek-objek yang terdapat dalam cerita mengalami peningkatan sebesar 70%.

Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak

 

Abstrack: This research is motivated storytelling often applied to children, but to date the ability to listen to the child is still not optimal as the child is still not able to retell a story that has been heard, said the objects contained in the story, mentioning figures in the story store. Of the 20 children only 6 children or 30% who can listen to the story well. This research is a form of classroom action research with some stage of planning, pelaksnaan, observation, reflection, besides using descriptive methods. Based on the results of research in general can be drawn a conclusion that: 1) Planning of learning to improve listening skills through media stories drawing in children aged 4-5 years in early childhood Melawi Aisyiyah categorized as "good". 2) Implementation of learning to improve listening skills through media stories drawing in children aged 4-5 years in early childhood Melawi Aisyiyah categorized as "good". 3) Through the media image can boost the ability to retell the objects and stores the characters in the story in children aged 4-5 years in early childhood Aisyiyah Melawi, while the increase in the ability of children, among others: (a) Retelling stories have been heard increased by 80%. (B) Mention the characters in the story of an increase of 70%. (C) Mention the objects contained in the story of an increase of 70%.

Keywords: Ability, Listening

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i3.9253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats