UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI METODE STAD

Rina Tusriawati, Sisilya Saman, Martono .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan metode kooperatif tipe STAD, peningkatan proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD, dan peningkatan hasil pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X C SMA Negeri 1 Samalantan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Alur penelitian meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X C SMA Negeri 1 Samalantan. Pencapaian daya serap siswa sebelum mendapat tindakan (pratindakan) sebesar 55,94% dengan ketuntasan 15,63%  Setelah mendapat tindakan pada siklus I, daya serap siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai 69,41% dengan ketuntasan 53,12%. Terjadi peningkatan daya serap siswa pada siklus II, yakni mencapai 74,19% dengan ketuntasan 87,5%. Pada siklus III daya serap mencapai 78,38% dengan ketuntasan mencapai 96,88%.

Kata Kunci: Menulis Paragraf Argumentasi

 

Abstract: This study aims to describe the planning of learning to write poetry with the method of cooperative STAD, an increase in the learning process of writing paragraph argumen using STAD cooperative, and the improvement of learning outcomes by methods of writing paragraph argumen using STAD cooperative X C grade students of SMA Negeri 1 Samalantan. This study is an action research with three cycles. Flow of study includes planning, action, observation, and reflection. The results showed the use of methods of cooperative STAD can improve the ability to write paragraph argumen in class X C SMA Negeri 1 Samalantan. Achievement absorption student before getting action of 55,94 % with 15,63 % completeness. After receiving the action in the first cycle, the absorptive capacity of students has increased, reaching 69,41 % with 53,12 % completeness. An increase in the absorption of students in the second cycle, which reached 74,19 % with 87,5 % completeness . In the third cycle absorption reached 78,38 % to reach 96,88 % completeness.

 

Keywords: Writing Paragraphs argument

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats