UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR MENGGIRING BOLA DENGAN KURA-KURA KAKI PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT

. Jumiatik, Eka Supriatna, Kaswari .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan Untuk  memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar  menggiring  bola dengan kura-kura kaki  dengan  penggunaan  modifikasi  bola  terbuat dari busa bekas dibuat berbentuk bola, plastik, dan karet pada siswa kelas V  di SDN 26 Sabing. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus, dan peneliti menerapkan pembelajran gerak dasar menggiring bola dengan kura-kura kaki pada permainan sepak bola melalui modifikasi alat bantu. Subjek dalam penelitian ini adalah sisawa kelas V SDN 26 Sabing dengan jumlah siswa 23 orang putra. Berdasarkan hasil penelitian diketahui data hasil tes menggiring bola diketahui memiliki nilai siswa tuntas 78 % sehingga dalam kriteria sangat baik. Sehingga ada perbedaan antara observasi awal dengan Siklus  1 adalah 62% -56% = 7 % dengan peningkatan 7 %, sedangkan siklus 1 dengan silus 2 adalah 62 % - 78% = 16 % sehingga ada peningkatan 16 %, dan siklus 2 dengan observasi awal adalah 78% -56% =22% sehingga ada peningkatan 22%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terampilan ke menggiring bola dengan kura-kura kaki dengan modifikasi alat bantu  pada siswa kelas V SDN 26 Sabing.

 

Kata kunci: Alat bantu, menggiring bola.

Abstract: This study aims to improve and enhance the basic motion dribbling with instep with the use of a modified ball made of foam former made spherical, plastic, and rubber in the fifth grade students at SDN 26 Sabing. Methods of those used in this study is action research (PTK), which consists of two cycles, and the researchers applied the basic motion pembelajran dribbling with instep on the game of soccer through modification tools. Subjects in this study were sisawa class of SDN 26 Sabing the number of students 23 sons. Based on the survey results revealed dribble test data is known to have completed 78% of the students so that the criteria very well. So there is a difference between the initial observations with Cycle 1 is 62% -56% = 7% with an increase of 7%, while the cycle 1 with silus 2 is 62% - 78% = 16% so that there is an increase of 16%, and cycle 2 with the initial observation is 78% -56% = 22% so that there is an increase of 22%. The results of this study showed an increase in skill to dribble with instep with modification tools in class V students of SDN 26 Sabing.

Keywords: Tools, motion dribble.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats