DESKRIPSI KESALAHAN SISWA MENGGUNAKAN MULTIMETER ANALOG PADA MATERI ALAT UKUR LISTRIK DI SMA

MASRIAN F03110025, Stepanus Sahala, Hamdani .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan oleh 33 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat dalam melakukan pengukuran menggunakan multimeter analog. Penelitian survai ini menggunakan alat pengumpul data berupa tes dan lembar penilaian kinerja siswa mengukur tegangan catudaya, arus dalam rangkaian dan hambatan resistor. Hasil analisis data memperlihatkan, rata-rata persentase jumlah siswa yang salah tiap pengukuran: (1) tegangan AC sebesar 29,7 % (2) tegangan DC sebesar 37,46 % (3) arus sebesar 51,2% (4) hambatan sebesar 41,07 %. Hasil temuan dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan kajian untuk membantu guru fisika mengatasi kesalahan-kesalahan siswa menggunakan multimeter analog.

Kata kunci : Deskripsi, kesalahan, multimeter analog

Abstract: This research aimed to describe the forms of errors made by 33 students of class X SMA Negeri 1 Pemangkat when they do measurement using analog multimeter. This survey research use data collection tools in the form of test and students performance assessment sheet power measuring supply voltage, current and resistance in a series resistor. The results of the analysis data show, that the  average percentage of students who did error measurement: (1) AC voltage of 29.7% (2) DC voltage of 37.46% (3) current of 51.2% (4) barriers of 41.07%. The result of this research is expected can be used to help physic teachers overcome the errors of the student by using analog multimeter.


Keywords: Description, error, analog multimeter


Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats