METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR LARI SPRINT 30 METER PADA SISWA KELAS IV SDN

Nonie ., Edi Purnomo, Ahmad Atiq

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode bermain terhadap hasil pembelajaran lari sprint 30 meter pada siswa kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap hasil pembelajaran lari sprint 30 meter pada siswa kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kuantitatif. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk Pre – Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan tahun ajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 124 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan rubik penilaian tes lari 30 meter.Analisis data menggunakan uji – t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai ttabel sebesar 1.699. Dengan demikian nilai dari ttest = 11,46 lebih besar dari nilai ttabel = 1,699, artinya hipotesis diterima berarti terdapat pengaruh metode bermain terhadap hasil pembelajaran lari sprint 30 meter dengan hasil persentase signifikan sebesar 14,38 %.
Kata Kunci : Metode Bermain dan hasil belajar Lari sprint 30 meter.
Abstrak : The problem in this study is whether there is an influence on the result of learning methods play a 30-meter sprint to the fourth grade students of SDN 03 South Pontianak. The purpose of this study was to determine the effect of method of play against the learning outcomes sprinting 30 yards on fourth grade students of SDN 03 Selatan. Penelitian Pontianak is a research experiment with forms of Pre - Experimental Design. The population in this study are all fourth grade students of SDN 03 South Pontianak academic year 2013/2014 which consists of 4 classes totaling 124 students. The samples in this study using purposive sampling technique with a sample of 30 students. Data collection techniques in this study using the Rubik assessment test run 30 meter.Analisis data using test - t at the 0.05 significance level obtained value ttabel 1,699. Thus the value of the ttest = 11.46 is greater than the value of table = 1.699, meaning that the hypothesis is accepted means that there are significant methods of playing against the learning outcomes sprint 30 meters significantly by 14.38%.
Keywords: Playing methods and learning outcomes Run sprints of 30 meters.

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats