PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Susanti F34210401, Kaswari ., Rosnita .

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Matan Hilir Selatan? Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA menggunakan metode demonstrasi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Matan Hilir Selatan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswa SDN 04 Matan Hilir Selatan. Lokasi penelitian di SDN 04 Matan Hilir Selatan. Langkah-langkah penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini yaitu hasil observasi guru dan aktivitas peserta didik. Alat pengumpul data lembar observasi dan LKS. Hasil penelitian yaitu (1) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran sebesar 19,64% kategori rendah. (2) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sebesar 25% kategori sedang. (3) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa sebesar 14,29% kategori rendah.  (4) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mental siswa sebesar 3,25 (23,21%) kategori sedang. (5) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa yaitu sebesar 3,3 (23,57%) kategori sedang.

 

Kata Kunci : aktivitas belajar, metode demonstrasi , dan  pembelajaran IPA

 

Abstract : The problem in this study is whether the use of demonstration method can improve learners' learning activities in science teaching at the Elementary School Fourth Grade 04 Matan Hilir  Selatan ? The purpose of this research that increases the activity of the students in learning science demonstration method in class IV Elementary School 04  Matan Hilir Selatan. The method used is descriptive method in the form of classroom action research. The subject of research students of SDN 04  Matan Hilir Selatan. SDN 04 research sites in  Matan Hilir Selatan. The steps of research carried out in four phases: planning , implementation , observation and reflection. The data in this study is the observation of the teacher and learner activity. Data collection tool observation sheets and worksheets. The results of the study are (1) The use of demonstration method can improve the ability of teachers to plan learning for 19,64% lower category. (2) The use of demonstration method can improve the ability of teachers to implement learning by 25% medium category. (3) The use of demonstration method in teaching can enhance students' physical activity was 14.29% lower category. (4) The use of demonstration method in teaching can improve students' mental activity of 3,25 (23,21%) were category. (5) The use of demonstration method in teaching can enhance students' emotional activity that is equal to 3,3 (23,57%) were category.

 

Keywords : learning activities , methods of demonstration , and learning science


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats