PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MODEL ELABORASI UNTUK PEROLEHAN BELAJAR KONSEP MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SANGGAU
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan dengan maksud mengembangkan sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran dalam bentuk media cetak berupa modul pembelajaran yang akan digunakan oleh pebelajar untuk memahami meteri matematika khususnya bahasan lingkaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pebelajar saat mempelajari materi bahasan lingkaran. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pembuatan dan pengembangan modul sebagai media pembelajaran membutuhkan tahapan-tahapan yang terencana untuk menghasilkan sebuah modul yang berupa media cetak diantaranya studi pendahulu, perencanaan produk, tanggapan teman sejawat, validasi ahli, uji kelompok kecil, uji lapangan, revisi dan penyempurnaan produk. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan modul pembelajaran yang disusun telah memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris. Walaupun modul pembelajaran yang peneliti hasilkan tidak terlepas dari kekurangan serta keterbatasan.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Model Elaborasi.
ABSTRAK: Observing is done in order to develop a learning media. A learning media in forming as learning module to be used by learners for understanding Mathematic material, specially in working through circular that that suitable with learners needed in learning that case. The result of observing is done to show that making and developing module as learning media needed the step exactly to produce a module form media, there are, pre-Studying, product planning, argument of colleague, validation master, small diagnosis, test-space, revision and product of perfecting. Based of the data procurable can get gist of learning module which composed has completed expedience in the theoretically or in empirical. Although learning module that observer product , of course still less and definite.
Key Words : Developing, Learning Module, Elaboration mode
Full Text:
XMLDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats