PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MODEL ELABORASI UNTUK PEROLEHAN BELAJAR KONSEP MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SANGGAU

U Emma Dafiana Erta, Syahwani Umar, Ahmad Yani T

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan dengan maksud mengembangkan sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran dalam  bentuk media cetak berupa modul pembelajaran yang akan digunakan oleh pebelajar  untuk memahami meteri matematika khususnya bahasan lingkaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pebelajar saat mempelajari materi bahasan lingkaran. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pembuatan dan pengembangan modul sebagai media pembelajaran membutuhkan tahapan-tahapan yang terencana untuk menghasilkan sebuah modul yang berupa media cetak diantaranya studi pendahulu, perencanaan produk, tanggapan teman sejawat, validasi ahli, uji kelompok kecil, uji lapangan, revisi dan penyempurnaan produk. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan modul pembelajaran yang disusun telah memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris. Walaupun modul pembelajaran yang peneliti hasilkan tidak terlepas dari kekurangan serta keterbatasan.

Kata Kunci:   Pengembangan, Modul Pembelajaran, Model Elaborasi.

 

ABSTRAK: Observing is done in order to develop a learning media. A learning media in forming as learning  module to be used by learners for understanding Mathematic material, specially in working through circular that that suitable with learners needed in learning that case. The result of observing is done to show that making and developing module as learning media needed the step exactly to produce a module form media, there are, pre-Studying, product planning, argument of colleague, validation master, small diagnosis, test-space, revision and product  of perfecting. Based of the data procurable can get gist of learning module which composed has completed expedience in the theoretically or in empirical. Although learning module that observer product , of course still less and  definite.

Key Words : Developing, Learning Module, Elaboration mode


Full Text:

XML


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats