PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KELAS IV

Roliyanti F34210391, M Syukri, Marzuki .

Abstract


Abstrak : Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam  pembelajaran matematika menggunakan metode demonstrasi.Aktivitas belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkanaktivitasbelajar peserta didik dalam pembelajaran matematikamenggunakanmetode demonstrasi kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Matan Hilir Utara Ketapang. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif  dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian peneliti dan peserta didik.Langkah-langkah penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian sebagai berikut : Aktivitas fisik mengalami peningkatan sebesar 21,2%. Pada aktivitas mental mengalami peningkatan sebesar 33%. Pada aktivitas emosional mengalami peningkatan sebesar 35,8%. Disimpulkan terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika baik dari aspek aktivitas fisik, mental, emosional pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15Matan Hilir Utara Ketapang melalui metode demonstrasi di kategorikan baik.

 

Kata Kunci : aktivitas belajar,pembelajaran matematika,metode demonstrasi.

Abstrak :Increased activity of learners in mathematics learning method demonstration.learning activity ia very important in learning.The purpose of this research is to improve students’learning activities in mathematics learning method demonstration elementary school fourth grade 15 Matan Hilir Utara Ketapang.The research method used in this research is a descriptive research  in the form of classroom action research.The study subjects researchers and learners.Step-step study conducted in phases:planning,implementation, observation,and reflection. The results of the study as follows : Physical activity increased by 21.2%.In mental activity increased by 33%.In an emotional activity increased by 35.8%.Concluded there is increased activity of learners in mathematics learning both from the aspect of physical activity,mental,emotional learner elememtary schoolfourth 15 Matan Hilir Utara Ketapang through demonstration methods  in both categories.

 

Keywords: learning activities, mathematics learning,method  demonstration.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats