PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA MAGNET

Maria Susanati, A Yani, Nanang Heryana

Abstract


Abstrak: Peningkatan Aktivitas Siswa Melalui Penggunaan Eksperimen Dalam Pembelajaran Di Kelas V SDN 01 Pemuar Belimbing. Metode yang digunakan adalah deskriptif sedangkan bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas V SDN 01 Pemuar Belimbing sebanyak 34 orang. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan dokumenter, dengan alat pengumpul data masing-masing yaitu lembar observasi, dan angket kepuasan siswa. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan hasil akhir penelitian yang diperoleh yaitu siswa bertanya hanya 2,94% pada studi pendahuluan, di Siklus I meningkat menjadi 8,82%, dan Siklus II meningkat menjadi 14,40%. Siswa menjawab pertanyaan pada studi pendahuluan 8,82%, di Siklus I meningkat menjadi 14,70%,  pada Siklus II meningkat menjadi 32,35%. Siswa mengeluarkan pendapat pada studi pendahuluan 0%, pada Siklus I masih belum terjadi perubahan, pada Siklus II baru terjadi peningkatan yaitu 5,88%. Siswa melakukan percobaan pada studi pendahuluan 0%, pada Siklus I meningkat menjadi 41,17%, pada Siklus II meningkat menjadi 52,94%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada aspek kognitif. Pada studi pendahuluan hasil belajar siswa yang telah dicapai 44,11% di Siklus I meningkat 64,70% dan di Siklus II meningkat lagi menjadi 76,47%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan terjadi peningkatan yang signifikan pada setiap siklus.

Kata Kunci : Aktifitas belajar, Metode Eksperimen dan Pembelajaran IPA.

 

Abstract : Improved Through Use of Student Activities Learning Experiments In Class 01 Pemuar Leatherback SDN . The method used is descriptive while the study is a form of action research . Subjects in this study were a science teacher and fifth grade students of SDN 01 Pemuar leatherback many as 34 people . Data collection techniques used are direct observation and documentary techniques , with a data collection tool that each observation sheets , and student satisfaction questionnaire . This research was conducted during two cycles with the final results obtained by the research students asked only 2.94% in the preliminary study , in the first cycle increased to 8.82 % , and Cycle II increased to 14.40 % . Students answer questions in the preliminary study 8.82 % , in the first cycle increased to 14.70 % , in Cycle II increased to 32.35 % . Students are issued an opinion on a preliminary study of 0 % , in the first cycle is still no change , in Cycle II was an increase of 5.88 % ie . Students conduct experiments on a preliminary study of 0 % , in the first cycle increased to 41.17 % , in Cycle II increased to 52.94 % . An increase in student learning outcomes , especially on cognitive aspects . In a preliminary study of student learning outcomes have been achieved 44.11 % in the first cycle and increased 64.70 % in Cycle II increased to 76.47 % . From the data obtained it can be concluded that a significant increase in each cycle .


Keywords : learning activity , Experimental Methods and Learning Science .


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats