PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BAGAN KELAS IV

Suailiah F34211465, Endang Uliyanti, Syamsiati .

Abstract


Abstrak: Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Media Bagan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Sadaniang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan hasil penelitian sebagai berikut : 1) proses perencanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Meteri Komponen Pemerintahan di Indonesia dengan Media Bagan dapat terlaksanakan secara maksimal yaitu mencapai di atas 86,67% pada siklus I dan dapat mencapai 91,30% pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Media Bagan pada siswa kelas IV pada siklus I belum cukup baik karena sebagian besar hasil positif yang dilaksanakan oleh siswa hanya mencapai 43,48%  s/d 69,57% dari seluruh siswa yang hadir dan menjadi lebih baik pada siklus II yaitu mencapai 69,57%  s/d 91,30%.3) berdasarkan pada data penelitian yang berasal dari hasil evaluasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Komponen Pemerintahan di Indonesia diketahui rata-rata nilai kelas pada siklus I pertemuan I sebesar 46,09 dan meningkat menjadi 64,35 pada pertemuan II dan terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas pada siklus II menjadi pertemuan I sebesar 71,30 dan peningkatan pada pertemuan II sebesar 86,09.

 

Kata kunci : Media Bagan, Kemampuan Siswa, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Abstract: The general objective of this study was to determine the increase in the ability of students in teaching Citizenship Education Using Media Trend in Class IV Elementary School 06 Sadaniang. This research was conducted by 2 cycles with the following results: 1) the process of lesson planning Components lesson Citizenship Education Governance in Indonesia with Media Chart can be fulfilled to the maximum that is reached over 86.67 % in the first cycle and can reach 91.30 % at second cycle . 2 ) Student learning outcomes in learning Civic Education with Media Trend in grade IV on the first cycle is not good enough because most of the positive results were carried out by students only reached 43.48 % s / d 69.57 % of all students are present and be better in the second cycle, reaching 69.57 % s / d 91.30 % .3 ) based on research data derived from the evaluation of student learning in Citizenship Education learning materials in Indonesian Government component known average grade values ​​in cycle the first meeting I was 46.09 and rose to 64.35 in the second meeting and an increase in the average value of the class on the second cycle becomes the first meeting at 71.30 and an increase in the second meeting at 86.09.
Keywords: Media Trend, Ability Students, Learning Citizenship Education.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.5927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats