PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Surami F34210545, Ngatiyo ., Budiman Tampubolon

Abstract


Abstrak:Penerapan metode bermain peran pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bermain peran pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang KUD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Anjongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode bermain peran pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Anjongan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan menggunakan metode bermain peran ternyata dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa kelas IV yaitu pada siklus II totalnya 1290 dengan rata-rata 67,89 sedangkan pada siklus II totalnya 1750 dengan rata-rata 92,11. Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 24,22. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPStentang KUD.

Kata Kunci:bermain peran, hasil belajar IPS

Abstract: The application of the method to play a role in social studies learning to improve student learning outcomes fourth grade. A common problem in this research is how the application of learning methods play a role in the Social Sciences of the KUD to improve student learning outcomes Elementary School fourth grade 04 Anjongan?. The purpose of this study is to describe the application of learning methods play a role in the Social Sciences to improve student learning outcomes Elementary School fourth grade 04 Anjongan. The method used in this research is descriptive method. By using the method of playing the role it can improve student learning outcomes acquisition of class IV is the second cycle of the total in 1290 to an average of 67.89, while in the second cycle in 1750 with a total average of 92.11. With the increase of the cycle I to cycle II of 24.22. From the data obtained shows that the use of role play method can improve student learning outcomes in the IPS about KUD.

Keywords: role playing, learning outcomes IPS


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats