ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA PADA KONSEP-KONSEP GAYA DI KELAS X SMA NEGERI 3 PONTIANAK

Belka Andromeda

Abstract


Abstrak: Literatur pendidikan fisika merekomendasikan menggunakan multirepresentasi untuk membantu siswa memahami konsep dan memecahkan masalah. Penelitian survei deskriptif korelatif ini mendeskripsikan  kemampuan multirepresentasi siswa dalam menyajikan kembali konsep-konsep gaya yang sama ke berbagai bentuk representasi dengan tes berbentuk esai. Sebanyak 100 siswa kelas X SMA Negeri 3 Pontianak dipilih berdasarkan gender dan hasil belajar menggunakan teknik proportional sampling. Persentase rata-rata kemampuan multirepresentasi siswa sebesar 41,3% dari skor maksimal. Terdapat kekeliruan  pada representasi yang dibentuk oleh sebagian besar siswa, terutama dalam representasi fisis dan matematis. Selain itu, terdapat perbedaan kemampuan multirepresentasi berdasarkan gender dan hasil belajar ditunjukkan dari hasil T-test tidak berpasangan (P<0,05). Penelitian ini juga menemukan siswa dengan hasil belajar tinggi di sekolah memperoleh skor multirepresentasi yang secara konsisten selalu lebih baik dari siswa dengan hasil belajar rendah disemua soal, sehingga pembelajaran dengan melibatkan multirepresentasi perlu dilakukan untuk menunjang hasil belajar fisika.

Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Multirepresentasi, Konsep Gaya

Abstract: Physics education literature recommends using multirepresentations to help students understand concepts and solve problems. This descriptive correlative research aims to describe student ability about represent similiar force concepts in many ways with essay test. One hundred students of 10thgrade in SMA Negeri 3 Pontianak were chosen by gender and student achievment using proportional sampling technique. Average percentage of multirepresentations ability was 41,3 % from the highest score. There were some mistakes in representation that most student made, especially in fisis and mathematical representation. There also was gap in  analysis by gender and also analysis by student achievment showed by T-test independent result (P<0,05). We also found that high achieving students have higher multirepresentations score than low achieving students in all item, so that teaching with multirepresentations is needed to support physics achievement.

Keyword : Analysis, Multirepresentations Ability, Force Concept


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i10.21539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats