PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGANMENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE PADA PEMBELAJARANMATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Suarni (F34210014), Suhardi Marli, Hery Kusnadi

Abstract


Judul penelitian ini adalah Peningkatan Aktivitas Belajar Dengan Menggunakan Model Kooperatif Think-Pair-Share Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri. Penelitian bertujuan untuk Mengetahui Apakah Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Dapat Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Belajar Matematika Di Kelas IV SDN 19 Ayut Ansari Kabupaten Landak. Metodepeneitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 8 orang siswakelas IV SD Negeri 19 Ayut Ansari di Kabupaten Landak. Prosedur penelitian yang dilaksanakan adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Untuk alat pengumpul data digunakan metode dokumenter, tes dan lembar observasi. Hasil analisa data diperoleh bahwa (1) Strategi pembelajaran kooperatif model think-pair-share dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa dalam belajar matematika di kelas IV SDN 19 Ayut Ansari Kabupaten Landak.

Kata Kunci: PeningkatanAktivitas, Pembelajar, Matematika.

Abstract: The title ofthe study is "Increased Activity Model of Cooperative Learning Using Think-Pair-Share InMathematics LearningIn ClassIvElementary School". The researchaims to Know Is Cooperative Learning Strategies Model Think-Pair-Share Activity Can Improve Student Learning Mathematics in class IV SDN 19 Ayut Ansari Kabupaten Landak. Field work method used is descriptive research forms Classroom Action Research (CAR). Subjects were8 peoplekelas IV SD Negeri 19 Ayut Ansari di Kabupaten Landak. The procedure was carried out a study of action planning, action, observation and reflection implementation. Fordata collection toolused method of documentary, tests and observation sheet. The results ofthe analysis ofthe data obtained that (1) models of cooperative learning strategy think-pair-share can increase physical activityfor students to learn mathematics in class IV SDN 19 Ayut Ansari Kabupaten Landak..

Keywords: IncreasedActivity, Learners, Math.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats