MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS II SDN 06 DAPAN

Yustina Banang, Zainuddin ., Sukmawati .

Abstract


Abstrak: Meningkatkan proses dan hasil belajar dengan menggunakan media gambar kelas II SDN 06 Dapan. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui peningkatan proses dan hasil belajar matematika dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas 2 SDN 06 Dapan Kabupaten Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan metode deskriftif, bentuk penelitian tindakan kelas, dan bersifat kolaboratif. Pada siklus I kemampuan guru merencanakan pembelajaran mencapai 46% (rata-rata 2,7) kategori cukup memuaskan, siklus II 71(rata-rata 3,58%) kategori sangat memuaskan ada peningkatan sebesar 25%, sedangkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I rata-ratanya 2,9 kategori cukup memuaskan pada siklus II rata-rata 3,53 kategori sangat memuaskan ada peningkatan, proses belajar siswa siklus I mencapai nilai rata-rata 17,5 siklus II 26,75, dan hasil belajar siswa siklus I rata-rata 77,5 siklus II 88,75. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas II SD.Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 06 Dapan Kecamatan Ledo Kabupaten Bengkayang perlu di terapkan sebagai suatu pembelajaran yang baik.

Kata Kunci : Proses, hasil belajar, media gambar.

Abstract: Improving learning process and outcome by using class II image media SDN 06 blazing. The purpose of this study to know the process and the improvement of mathematics learning outcomes by using the image on the Grade 2 students of SDN 06 can both Bengkayang. The method of research used descriptive method, the form of action research, and collaborative. In the first cycle teachers plan learning ability was 46% (average 2.7) was satisfactory category, second cycle 71 (average 3.58%) very unsatisfactory category was increased by 25%, while the ability of teachers to implement the learning cycle I average 2.9 category was satisfactory in the second cycle category average of 3.53 is very satisfying no improvement, student learning first cycle reaches an average of 17.5 cycles II 26.75, and student learning outcomes first cycle average 88.75 77.5 second cycle. This shows that by using media images can improve the process and student learning outcomes as class II SD.Dengan learning by using media images can improve the process and outcomes of student learning class II Elementary School District 06 can both Ledo Bengkayang should be applied as a learning better.

Key words: process, learning outcomes, media images.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats