PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN 12 SEJUAH KEMBAYAN SANGGAU

Junaidi Bunardi, Maridjo AH, Rosnita .

Abstract


Abstrak : Permasaalahan utama dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan Aktivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas IV SD. Penelitian bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN 12 Sejuah Kembayan Sanggau dalam aktivitas fisik, mental dan emosional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi survei. Subjek penelitian adalah 10 orang siswa kelas IV SDN 12 Sejuah Kembayan Sanggau. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah melakukan pendekatan kontekstual, setiap subjek penelitian mengalami peningkatan pada aktivitas fisik sebesar 87,5%, mental sebesar 86% dan emosional sebesar 85%, dari baseline yang tercapai dalam tiga siklus, kekurangan-kekurangan yang dilakukan pada penerapan aktivitas pembelajaran secara konvensional dapat diminimalisir (dilihat dari hasil baseline dan siklus penelitian) dan waktu yang diperlukan masing-masing subjek penelitian untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran tercapai dalam 3 x 35 menit pada tiga siklus sesuai RPP yang telah dirancang untuk penelitian.

Kata kunci : Peningkatan, aktivitas pembelajaran, pendekatan kontekstual

Abstract: The problem is main of this research it is effort Increasing Indonesian Learning Activity with Kontekstual's Approaching on Student brazes IV SD. Research aims to increase indonesian learning activity with kontekstual's approaching on student brazes IV. SDN 12 Sejuah kembayan Sanggau in physical activity, mental and emotional. Observational method that is utilized is descriptive with studi's observational form surveys. Subjek is research is 10 students braze IV. SDN 12 sejuah kembayan Sanggau. Analisis's result data points out that afters does kontekstual's approaching, each subjek research experiences increase on physical activity as big as 87,5%, mental as big as 86% and emotional as big as 85%, from baseline which is reached deep three cycles, lack those are done on learning activity implement conventionally gets diminimalisir (seen from baseline's result and research cycle) and needful time each subjek research to increase learning activity is reached in 3 x 35 minutes on three cycle accords RPP already being designed for research.

Key word: Increase, learning activity, approaching kontekstual


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats