Pengembangan Potensi Kognitif Anak Melalui Bermain Konstruksi dengan Lego di TK. KARTIKA V-49 Pontianak

Rosita (F54209043), Fadillah ., Desni Yuniarni

Abstract


Pengembangan Kognitif anak melalui bermain Lego terhadap hasil belajar di TK.KARTIKA V-49 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembngan Kognitif anak melalui bermain Lego di TK.KARTIKA V-49 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas terhadap tiga puluh siswa pada usia 5-6 tahun dengan tekhnik pengumpulan data melaui observasi dan dokumentasi. Dari analisis dapat disimpulkan Perkembangan Kognitif anak dalam mengenal warna dasar merah, kuning, biru dengan Lego (86,67%). Anak mengenal bentuk Geometri, segitiga, lingkaran dan segiempat dengan Lego(90%). Anak mampu menyusun Lego dari besar ke kecil dan sebaliknya (83,33%). Hal ini berarti pembelajaran dengan bermain konstruksi dengan Lego dapat mengembangkan Kognitif anak usia 5-6 tahun di TK. KARTIKA V-49

Kata Kunci : Potensi Kognitif melalui bermain dengan Lego

Abstract : Developing of Child Cognitive in playing Lego to study result at TK. KARTIKA V-49 Pontianak. The purpose of this research is to know Developing of Child Cognitive in playing Lego at TK. KARTIKA V-49. The research method used classroom action research to thirty student in 5-6 age. Type this research is data roundup technique with observation and documentation. From analysis take conclusion the influence Development of Child Cognitive in knowing basic colour is red, yellow and blue with Lego (86,67%). The children to know Geometry,trilateral, circle, rectangle with Lego (90%). The children can make Lego from Big to small or on the contrary (83,33%). In this case is study with playing construction of Lego can Development of Child Cognitive in 5-6 age at TK. KARTIKA V-49.

Key Word : The potential of cognitive in playing Lego


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats