IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN LABORATORIUM FISIKA

Syaiful B. Arsyid, Syahwani Umar, Edy Tandililing

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan laboratorium fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain one group pretest - postest yang dilaksanakan di semester V B pendidikan fisika FKIP Untan tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan metode purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir untuk hasil belajar, lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran, angket untuk menggali respon mahasiswa terhadap implementasi model pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian diperoleh rata-rata N-gain 0,67 kategori tinggi. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap implementasi model pembelajaran berbasis proyek. Disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan laboratorium fisika dapat meningkatkan hasil belajar  mahasiswa.

Kata kunci : pembelajaran berbasis proyek, laboratorium fisika

Abstract: This study aimed to acquire data about the implementation of project-based learning on physics laboratory course. Quasi-experiment with one group pretest-posttest method was used in this research that involved students who took physics laboratory course selected with purposive sampling. The instruments were designed to elicit data; pretest and posttest used for students’ achievement, observation sheet used for learning activities, and questionnaire was for students’ response of the implementation of the learning. The results show that the N-gain is 0,67 (high level). In addition, students provided positive response for the learning implemented. Thus, this learning can enhance students’ achievement.

Key word: project based learning, physics laboratory

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats