PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN TERBIMBING DI KELAS 1 SD NEGERI 11 SANDAI KABUPATEN KETAPANG

Sutio Remi, Abdussamad ., Sri Utami

Abstract


Abstrak: Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah berupa data aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes individu kepada siswa. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa siswa kelas I SDN 11 Sandai Ketapang mengalami peningkatan keterampilan menulis mencapai 53,68% pada base line, pada siklus I menjadi 61,72% pada siklus II menjadi 71,88% dan pada siklus III menjadi 85%. Peningkatan keterampilan menulis permulaan pada siklus II disebabkan karena peneliti lebih menekankan pada penguasaan konsep dalam menulis permulaan dengan menggunakan metode latihan terbimbing. Sementara pada siklus I, peneliti belum menekankan pada penguasaan konsep. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa.

Kata Kunci: Menulis Permulaan, Metode Latihan Terbimbing

Abstract: The design of this study refers to the model and Mc Taggart Kemmis which consists of four components: 1) planning, 2) action, 3) observation and 4) reflection. The data collected in this study is the activity data in the form of teachers and students during the learning process which is obtained by using the observation sheet data and student learning outcomes obtained by giving individual tests to students. In the research that has been carried out, the result that the first grade students of SDN 11 Sandai Ketapang increase writing skills reached 53.68% at base line, the first cycle to 61.72% in the second cycle into 71.88% and in the third cycle become 85%. Improved writing skills beginning in the second cycle due to the researcher more emphasis on mastery of concepts in writing starters using guided exercises. While in the first cycle, researchers have not emphasized on mastery of concepts. Based on these results, it can be concluded that the application of the method of guided exercises can improve students' writing skills beginning.

 

Keywords: Skills Beginning, Methods Guided Exercises


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.13062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats