PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA NYATA DI SEKOLAH DASAR

. Yuyun, K Y Margiati ., Siti Halidjah

Abstract


 

Abstrak : Tujuan penelitian ini secara umum utuk peningkatkan hasil belajar siswa  dengan menggunakan media nyata dalam pembelajaran IPA di kelas II SDN 11 Munggu. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif. pelaksanaan penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Refleksi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran atau pertemuan pada setiap siklus. data penelitian ini berupa data hasil observasi pada setiap peserta didik. Intrument utama penelitian ini  adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai pengumpulan data dengan menggunakan intrument observasi, LKS. Guru melaksanakan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan melihat persentase ketuntasan nilai peserta didik, menggunakan media nyata dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru hendaknya menyiapkan media-media pembelajaran agar pembelajaran lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Dan disarankan agar guru memperhatikan waktu dalam setiap pembelajaran berlangsung agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 

Kata Kunci : Media Nyata, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract: The aim of this study is generally to improve student learning outcomes by using real media in science teaching in class II SDN 11 Munggu. The method used is descriptive method. implementation of research conducted collaboratively between researchers and teachers. Reflection is done at the end of each lesson or meeting on each cycle. This research data is data result of observation on each learner. The main Intrument this study is the researchers themselves who act as data collection using observation intrument, LKS. Teachers carry out learning and improving student learning outcomes by looking at the percentage of the thoroughness of the value of learners, using real media can be said to be successful. Based on the results of these studies suggested to the teacher should prepare instructional media for learning more easily understood by learners. And suggested that teachers pay attention to time in each learning takes place so that the learning objectives can be achieved.


Keywords: Real Media, Natural Sciences


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats