PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI SEKOLAH DASAR

. Suparjo, Endang Uliyanti, Syamsiati .

Abstract


Abstrak: Pembelajaran metode diskusi kelompok Meningkatkan Hasil Belajar  Siswa Kelas VI SDN 04 Bengkayang. Dari hasil observasi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas VI SDN 04 Bengkayang, didapati kesulitan memahami pengerjaan hitung campuran dan salah satu caranya adalah dengan melaksanakan tindakan pembelajaran hitung campuran melalui pendekatan dengan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Evaluasi pembelajaran hitung campuran melalui metode diskusi kelompok setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 57,5. Pada siklus II tingkat keberhasilan yang dicapai 70,8. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran hitung campuran  melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar hitung campuran siswa kelas VI SDN 04 Bengkayang.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Diskusi kelompok.

 

Abstract: Learning method of group discussion Improving Student Results Class VI SDN 04 Bengkayang. From the results of preliminary observations made in mathematics learning activities in the sixth grade SDN 04 Bengkayang, found difficulty understanding count workmanship mixture and one way is to carry out the action learning approach to calculate the mixture through group discussion method. This study used a qualitative approach with the design of classroom action research. The design of this study include planning, action, observation and reflection. Evaluation of learning arithmetic mixture through group discussion method each cycle has increased. In the first cycle success rate reached 57.5. In the second cycle level of success achieved 70.8. This suggests that learning arithmetic mixture through group discussion method can improve learning outcomes count mixture sixth grade students of SDN 04 Bengkayang.

Keywords : Results Learning, Mathematic , discussion groups.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats