PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Pembelajaran metode diskusi kelompok Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 04 Bengkayang. Dari hasil observasi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas VI SDN 04 Bengkayang, didapati kesulitan memahami pengerjaan hitung campuran dan salah satu caranya adalah dengan melaksanakan tindakan pembelajaran hitung campuran melalui pendekatan dengan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Evaluasi pembelajaran hitung campuran melalui metode diskusi kelompok setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 57,5. Pada siklus II tingkat keberhasilan yang dicapai 70,8. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran hitung campuran melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar hitung campuran siswa kelas VI SDN 04 Bengkayang.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Diskusi kelompok.
Abstract: Learning method of group discussion Improving Student Results Class VI SDN 04 Bengkayang. From the results of preliminary observations made in mathematics learning activities in the sixth grade SDN 04 Bengkayang, found difficulty understanding count workmanship mixture and one way is to carry out the action learning approach to calculate the mixture through group discussion method. This study used a qualitative approach with the design of classroom action research. The design of this study include planning, action, observation and reflection. Evaluation of learning arithmetic mixture through group discussion method each cycle has increased. In the first cycle success rate reached 57.5. In the second cycle level of success achieved 70.8. This suggests that learning arithmetic mixture through group discussion method can improve learning outcomes count mixture sixth grade students of SDN 04 Bengkayang.
Keywords : Results Learning, Mathematic , discussion groups.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats