PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS V SD

Eva Silvia Taher, Suhardi Marli, Suryani .

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan Saintifik di kelas V SDN 31 Pontianak Barat? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dengan Pendekatan Saintifik.penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas, dan sifat penelitian adalah kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh motivasi siswa dari siklus I yaitu 62,12%, siklus II yaitu 73,99% mengalami peningkatan sebesar 11,87%, dan pada siklus III yaitu 82,07% mengalami peningkatan sebesar 8,08%. Dengan dilaksanakannya pendekatan saintifik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pendekatan Saintifik, IPA

Abstract: The research problem is how is the increasing of students motivation in learning natural sciences material in the fifth grade of SDN 31 West Pontianak by using Scientific Approaching?. The research purpose is to describe the increasing of students motivation by using Scientific Approaching. Method of this research is descriptive, by using classroom action research, collaborative. This research is alone three circles. Research result is students motivation of the first is 62,12%, the second circle is 73,99% got increased 11,87% and the three circles is 82, 07% got increased 8,08%. The concluding, by using Scientific Approaching it seems that students motivation increased.

Keywords: Students Motivation, Scientific Approaching, IPA



Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats