PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV

Surya Indah Sari, Mastar Asran, Syamsiati .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang akurat tentang peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 01 Pontianak Selatan Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian di kelas  IV SDN 01 Pontianak Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 siswa, menggunakan tiga siklus setiap siklus berisi satu kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Motivasi belajar  siswa pada pada siklus I sebesar 64.79 %, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 13.06 % menjadi 77.85% dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar  11.67 %  menjadi 89.52 %. Dengan demikian media gambar ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci : Motivasi, IPS, Media Gambar.

Abstract: This study aimed to obtain accurate information about the increase in student motivation by using media images on learning in the classroom ips 4 sdn 01 pontianak southern west kalimantan. The research method used is descriptive method. Research from used is classroom action research. The research setting in classroom 4 sdn 01 pontianak south. Subjects were students in grade 4 totaling 35 students, using three cycles each cycle contains one meetings that consist of planning, implementation, observation and reflection. Student motivation in cycle one of 64.79 %, in cycle second increased by 13.06 % to 77.85 % and the third cycle increased by 11.67 % to 89.52 %. thus drawing media may increase student motivation.Keywords: Motivation, IPS, Media Images.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats