PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR USABA SEPOTONG KECAMATAN SUNGAI LAUR KABUPATEN KETAPANG

Radarto F34210350, Siti Halidjah, Kartono .

Abstract


Abstrak: Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Sekolah Dasar Usaba Sepotong Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Usaba Sepotong Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang dengan menggunakan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian, yaitu penelitian tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Berdasarkan rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu dengan jumlah nilai 1460 dengan rata-rata 56,15 dan pada siklus II dengan nilai 2270 dengan rata-rata 87,31. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV Sekolah Dasar Usaba Sepotong Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang.

Kata Kunci: belajar, metode eksperimen, hasil belajar


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats