PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 11 SUNGAI MELAYU RAYAK

Sahibun Nikmah, Kartono ., Siti Halidjah

Abstract


Abstrak : Penggunaan Metode Permainan Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sungai Melayu Rayak.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sungai Melayu Rayak metode yang digunakan adalah metode permainan dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan.Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa penerapan metode permainan dalam pembelajaran IPA pada materi Daur hidup hewan efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 11 Sungai Melayu Rayak Ketapang. Berdasarkan temuan-temuan selama penelitian ini disampaikan beberapa saran, sebagi berikut : 1 ) untuk lebih memaksimalkan aktivitas belajar diharapkan guru dapat membelajarkan materi Daur hidup hewan dengan metode permainan pada siswa kelas IV SDN 11 Sungai Melayu Rayak Ketapang agar dapat lebih memotivasi siswa dalam belajar IPA ; 2 ) Untuk dapat mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimiliki dalam pembelajaran IPA pada materi Daur hidup hewan melalui penggunaan metode permainan, perlu dikembangkan penelitian-penelitian lebih lanjut agar kelemahan-kelemahan yang dimiliki dapat diatasi.

Kata Kunci : Metode Permainan, Aktivitas belajar, Pembelajaran IPA

Abstract: Using Games In Learning Science Methods To Enhance Student Learning Activities And The Fourth Grade Elementary School 11 River Rayak Malay. The research was conducted to determine the effect of the use of games in learning science to enhance students' learning activities fourth grade Elementary School 11 River Malay Rayak method used is the game with the form of research is the study Tindakan.Hasil research generally shows that the application of the method games in learning science in the material life cycle of animals effectively increase the activity of the fourth grade students of SDN 11 Rayak Ketapang Malay River. Based on the findings during this study presented some suggestions, as follows: 1) to maximize the learning activities of teachers are expected to membelajarkan material life cycle of animals by the method of the game in the fourth grade students of SDN 11 Rayak Ketapang Malay River to better motivate students to learn science , 2) in order to overcome the weaknesses that have in learning science in the material life cycle of animals through the use of games, studies need to be developed further so that weaknesses can be overcome owned.

Keywords: Method of games, learning activities, learning science


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats