PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 13 NANGA TAYAP KABUPATEN KETAPANG

Siska Damayanti, K. Y Margiati, Gusti Bujang A

Abstract


Abstrak: PeningkatanAktivitas Belajar Dengan Menggunakan Media Kartu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDN 13 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas 1 SDN 13 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang. Sedangkan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan aktivitas fisik, aktivitas mental dan aktivitas emosional siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah survey (Survey Studies). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bersifat kolaboratif. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat yaitu Ilham Nur, S.Pd. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Siska Damayanti) sebagai guru, dan siswa kelas 1 SDN 13 Nanga Tayap yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi guru dan lembar observasi indikator kinerja aktivitas belajar, baik secara fisik, mental maupun emosional. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan diperoleh persentase peningkatan dari tiap aktivitas. Aktivitas fisik pada siklus I sebesar 50,0% sedangkan pada siklus II sebesar 85,3%. Terjadi peningkatan sebesar 37,8%. Jadi, peningkatan aktivitas fisik dikategorikan Tinggi. Aktivitas mental pada siklus I sebesar 57,4% sedangkan pada siklus II sebesar 83,9%. Terjadi peningkatan sebesar 26,5%. Jadi, peningkatan aktivitas mental dapat dikategorikan Cukup Tinggi. Pada aktivitas emosional pada siklus I sebesar 55,9% sedangkan pada siklus II sebesar91,0%. Terjadi peningkatan sebesar 35,1%. Jadi peningkatan aktivitas emosional dapat dikategorikan Tinggi. Hal ini berarti dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN 13 Nanga Tayap Kabupaten Ketapang.

Kata Kunci: aktivitas belajar, media kartu

Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats