PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sunari F34209503, K. Y Margiati, Siti Halidjah

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan metode latihan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 17 Sungai Ambawang. Subjek penelitian ini adalah peneliti, kolaborator dan siswa kelas IV SD Negeri 17 Sungai Ambawang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data indikator kinerja peningkatan keterampilan menulis meliputi penggunaan huruf besar, dan penggunaan tanda baca. Penelitian dilakukan sebanyak dua (2) siklus dengan hasil penelitian yang mencakup penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Bedasarkan hasil penelitian data yang diperoleh pada siklus I meliputi penggunaan huruf kapital dan tanda baca mengalami peningkatan pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode latihan dapat meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 17 Sungai Ambawang.

Kata kunci : Keterampilan Menulis, Metode Latihan.

Abstract : This research aimed to describe the increase in students' writing skills using exercises in Indonesian language teaching fourth grade elementary school 17 Sungai Ambawang. The subjects were researchers, collaborators and fourth grade students Elementary School Sungai Ambawang 17. Data collected in this study is the performance indicator data improved writing skills include the use of capital letters, and the use of punctuation. The research was conducted by two (2) cycles with the results of research involving the use of capital letters and punctuation. Based on the research data obtained in the first cycle includes the use of capital letters and punctuation marks have increased in the second cycle. From this study it can be concluded that the method of exercises to improve writing skills in learning Indonesian Language in the Elementary School Fourth Grade 17 Sungai Ambawang.

Keywords : Writing Skills, Methods of Training

Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i2.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats