IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK

Muh Ali Barokah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implemetasi penilaian autentik dan kendala saat pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 9 Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif, yang bertujuan mendeskripsikan implementasi penilaian autentik dan kendala yang dihadapi saat pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 9 Surakarta. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dari hasil wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Analisis dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Dalam proses analisis ini terdapat empat tahap, yaitu: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data, dan; (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru Bahasa Indonesia telah melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Kendala yang dihadapi berupa kendala peserta didik, guru, dan keterbatasan waktu.

Kata Kunci: Penilaian Autentik, Implementasi Penilaian Autentik, Pembelajaran Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: jpbsi@untan.ac.id

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: hemry@untan.ac.id

     

  Creative Commons License

View My Stats