PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENSTRUASI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS V SD NEGERI 16 PONTIANAK

Elsa Pernanda Utari .

Abstract


Latar Belakang : Pubertas pada anak perempuan ditandai dengan datangnya menstruasi untuk pertama kalinya (Menarche). Peristiwa menarche yang tidak disertai dengan pemberian informasi atau pendidikan kesehatan tentang menstruasi atau menarche dengan benar dan tepat akan mengakibatkan munculnya gejala-gejala seperti ketidaksiapan, ketakuan, kecemasan, gangguan berupa pusing, mual, disminorhea, dan haid tidak teratur. Remaja putri yang mengalami kecemasan pada saat menarche, diperlukan suatu cara guna mencegah kecemasan tersebut, satu diantaranya dengan menberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstruasi terhadap tingkat kecemasan menghadapi menarche pada siswi kelas V SD Negeri 16 Pontianak.

Metodologi Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain quasy experiment pre and post test without control. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 responden menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan  adalah kuesioner Hamilton anxiety Rating Scale (HARS). Analisa data diambil menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai p<0,05.

Hasil : Rata-rata skor kecemasan sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi adalah 11,50 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi adalah 5,50. terdapat penurunan bermakna skor kecemasan antara sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan tentang menstruasi dengan nilai p=0,002.

Kesimpulan : Pendidikan kesehatan tentang menstruasi dapat menurunkan tingkat kecemasan pada siswi kelas V SD Negeri 16 Pontianak.

 

Kata Kunci: Remaja, Kecemasan, Pendidikan Kesehatan, Referensi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.21142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter