PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PERMAINAN SEPAK BOLA

Deris Herdianto, Davi Sofyan, Mimin Emi Suhaemi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengalaman temuan lapangan peneliti. Pemahaman siswa terhadap permainan sepak bola khususnya dalam melakukkan gerak dasar dribbling masih kurang, akan tetapi minat siswa terhadap permainan sepak bola ini sangat tinggi. Tujuan penelitian memecahka masalah dengan PBL terhadap kemampuan dribbling. Desain penelitian menggunakan desain eksperimen. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji beda dengan bantuan spss. Hasil penelitian terhadap hasil belajar dribbling menunjukkan bahwa nilai Sig hitung adalah 0,000, nilai ini lebih kecil dari signigikasni 0.05, sehingga disimpulkan bahwa metode Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar dribbling sepak bola. Selain itu diperoleh nilai thitung 8,291 > ttabel 2,024394 dengan signigikansi 0.05. berdasarkan pada nilai signifikansi dan hasil uji t dapat dipahami terdapat pengaruh peningkatan keterampilan gerak dasar dribbling sepak bola. Hal ini dibuktikan oleh skor rata-rata sebelum perlakuan sebesar 17,6605, sedangkan setelah treatment skor rata-ratanya sebesar 16,6676. Peningkatan dari pretest ke posttes membuktikan bahwa mengalami peningkatan.  kemampuan dribbling dalam permainan sepak bola sebesar 0,9929. 


Keywords


Metode, Problem Based Learning, Dribbling, Sepakbola

Full Text:

PDF

References


Gustiawati, R., Fahrudin, & Syafei, M. M. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 33–40.

Hushman, G., & Napper-Owen, G. (2011). Incorporating Problem-based Learning in Physical Education Teacher Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 82(8), 17–23. https://doi.org/10.1080/07303084.2011.10598671

Hutabarat, D. A., & Nasution, U. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Dengan Menggunakan Problem Based Learning Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi Smk Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 18 (2), 18(2), 105–111.

Juliyandi, Saifuddin, & Abdurrahman. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa SMP Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 1(20), 102–113.

Luo, Y. J. (2017). The influence of problem-based learning on learning effectiveness in students’ of varying learning abilities within physical education. Innovations in Education and Teaching International, 56(1), 1–11. https://doi.org/10.1080/14703297.2017.1389288

Misbahuddin, M. H., & Winarno, M. E. (2020). Studi Kemampuan Teknik Dasar Sepakbola Pemain SSB Unibraw 82 Kota Malang Kelompok Usia 15-16 Tahun. Journal of Sport Science and Health, 2(4), 215–223. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11649

Panuntun, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Dan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) Pada SiswaKelas Xi Smk Hkti 2 Banjarnegara. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36807

Prabowo, E. (2018). Hasil Pembelajaran Dribbling-Shooting Sepakbola. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 2(2), 96–110.

Pulungan, F., & Bangun, S. Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Dribbling Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain. Jurnal Prestasi, 3(5), 25. https://doi.org/10.24114/jp.v3i5.13446

Rifai, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola pada Permainan Sepak Bola dengan Menggunakan Pendekatan Bermain. Nusantara of Research, 4(1), 52–58.

Saputro, A. K. (2018). Peningkatan hasil belajar sepak bola melalui pendekatan bermain kelompok. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, 5(1), 47–53.

Senel, E., Ulucan, H., & Adilogullari, I. (2015). The relationship between attitudes towards problem-based learning and motivated strategies for learning: A study in school of physical education and sport. Anthropologist, 20(3), 446–456. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891748

Sofyan, D. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Keterampilan Lay-Up Shoot Bola Basket. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 690–695. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.740

Taufik, M. S., & Gaos, M. G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 43–54. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.540




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v4i1.46720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Deris Herdianto, Davi Sofyan, Mimin Emi Suhaemi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Abstracted/Indexed By:

               


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License