Perbedaan Tingkat Usability Heuristics Evaluation pada Learning Management System Berdasarkan Latar Belakang Pengguna

Farha Ramadhan, Agung Fatwanto

Abstract


Perkembangan teknologi yang cukup pesat banyak memberikan manfaat kepada masyarakat di berbagai bidang. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi tersebut adalah penggunaan Learning Management System (LMS), sebuah perangkat lunak pendukung kegiatan belajar-mengajar secara daring. Agar nyaman digunakan, LMS perlu dirancang dengan mempertimbangkan aspek usability sesuai dengan latar belakang calon penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud menyelidiki perbedaan persepsi tingkat usability LMS berdasarkan latar belakang penggunanya, yaitu: gender, angkatan (tahun masuk perguruan tinggi), dan frekuensi penggunaan LMS. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang dipakai adalah Usability Heuristics Evaluation. Pengumpulan data dilakukan pada dua perguruan tinggi (PT) negeri di Yogyakarta, masing-masing dilakukan sebanyak dua tahap. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah secara umum: i) perempuan cenderung memberikan penilaian tingkat usability LMS yang lebih tinggi dibanding laki – laki; ii) mahasiswa angkatan yang lebih muda cenderung memberikan penilaian tingkat usability LMS yang lebih tinggi dibanding seniornya; iii) pengguna yang lebih sering memakai LMS cenderung memberikan penilaian tingkat usability LMS yang lebih tinggi dibanding mereka yang lebih jarang memakai.


Keywords


Learning Management System, Usability, Perguruan Tinggi, E-learning, 10 usability heuristics

Full Text:

PDF

References


K. R. Lee, “Impacts of Information Technology on Society in the new Century,” Structure, pp. 1–6, 2002, [Online]. Available: https://www.zurich.ibm.com/pdf/Konsbruck.pdf

I. P. A. Purnawan, I. K. G. Darma Putra, and N. K. D. Rusjayanthi, “Evaluasi Usability dan User Experience LMS OASE Universitas Udayana Menggunakan Metode Tuxel 2.0,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 3, p. 177, 2021, doi: 10.23887/janapati.v10i3.40670.

P. T. Aditya, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii,” J. Mat. Stat. dan Komputasi, vol. 15, no. 1, p. 64, 2018, doi: 10.20956/jmsk.v15i1.4425.

L. Olsina, L. Santos, and P. Lew, “Evaluating mobileapp usability: A holistic quality approach,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 8541, pp. 111–129, 2014, doi: 10.1007/978-3-319-08245-5_7.

F. Nawir and A. W. A. Rivai, “Evaluasi Tingkat Usabilitas Web Mobile Perguruan Tinggi Negeri,” J. Nat. Sci. Technol. ADPERTISI, vol. 1, no. 1, pp. 16–24, 2021.

A. Fatmawati, “Evaluasi Usability pada Learning Management System OpenLearning Menggunakan System Usability Scale,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 6, no. 1, p. 120, 2021, doi: 10.35314/isi.v6i1.1881.

H. Azhar, “Evaluasi CeLOE Learning Management System (LMS) Universitas Telkom dengan Technique for User Experience Evaluation In E-Learning (TUXEL) 2.0,” JEPIN J. Edukasi dan Penelit. Inform. Univ. Tanjungpura , vol. 8, no. 1, pp. 180–187, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/51345

P. L. P. Rau, Q. Gao, and S. F. M. Liang, “Good computing systems for everyone - How on earth? Cultural aspects,” Behav. Inf. Technol., vol. 27, no. 4, pp. 287–292, 2008, doi: 10.1080/01449290701761250.

R. Alexander, N. Thompson, T. McGill, and D. Murray, “The Influence of User Culture on Website Usability,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 154, p. 102688, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2021.102688.

K. J. Rivera, K. A. Tseng, M. C. Zara, S. Y. Leosala, and R. Polancos, “A Study on the Effect of User Background and Instruction Type on the Usability of Trade and Logistics Modules of Microsoft Dynamics AX BT - Convergence of Ergonomics and Design,” 2021, pp. 219–229.

P. Jeff Sauro, “Does Prior Experience Affect Perceptions Of Usability?,” 2011. https://measuringu.com/prior-exposure/ (accessed Mar. 05, 2023).

S. Wallace and H.-C. Yu, “The Effect of Culture on Usability : Comparing the Perceptions and Performance of Taiwanese and North American MP3 Player Users,” J. Usability Stud., vol. 4, no. 3, pp. 136–146, 2009.

A. Sonderegger and J. Sauer, “The influence of socio-cultural background and product value in usability testing,” Appl. Ergon., vol. 44, no. 3, pp. 341–349, 2013, doi: 10.1016/j.apergo.2012.09.004.

S. Lauesen, “Usability requirements in a tender process,” Proc. - 1998 Australas. Comput. Hum. Interact. Conf. OzCHI 1998, vol. 1998-Novem, no. January 1998, pp. 114–121, 1998, doi: 10.1109/OZCHI.1998.732203.

M. A. Arga Kusumah, R. I. Rokhmawati, and F. Amalia, “Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS),” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 4340–4348, 2019.

J. Nielsen, “10 Usability Heuristics for User Interface Design,” 1994. https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/

L. H. Ball and T. J. D. Bothma, “Heuristic evaluation of e-dictionaries,” Libr. Hi Tech, vol. 36, no. 2, pp. 319–338, 2018, doi: 10.1108/LHT-07-2017-0144.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v9i1.59302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.